DIALOG INTERAKTIF ‘’BAHAYA NARKOBA TERHADAP PERKEMBANGAN HIV/AIDS”

TEMPAT DAN WAKTU : TVRI, Rabu 19 Juli 2017
AIDS Merupakan Kumpulan dari Segala dan Infeksi atau disebut Sindrom yang diakibatkan Oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia karena virus HIV. Virus merupakan virus yang dapat melemahkan kekebalan tubuh pada manusia. Jika seseorang terkena virus semacam ini akan mudah terserang infeksi atau mudah terkena tumor.
Secara langsung atau tidak langsung dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik, kemudian timbul gejala infeksi HIV awal dan akhirnya AIDS yang di identifikasi dengan memeriksa jumlah sel T CD4 didalam darah serta adanya infeksi tertentu. Namun demikian, laju perkembangan penyakit ini pada setiap orang sangat bervariasi, yaitu dari dua minggu sampai 20 tahun dan banyak faktor yang mempengaruhinya diantranya ialah kekuatan tubuh untuk bertahan melawan HIV atau seperti fungsi kekebalan tubuh dari orang yang terinfeksi. Orang yang terinfeksi juga memainkan peranan penting dan sejumlah orang kebal secara alami terhadap beberapa variasi HIV. HIV memiliki beberapa variasi genetik dan berbagi bentuk yang berbeda, yang akan menyebabkan laju perkembangan penyakit klinis yang berbeda-beda pula. Terapi anti retrovirus yang sangat aktif akan dapat memperpanjang rata-rata waktu berkembangannya AIDS. serta rata-rata waktu kemampuan penderita bertahan hidup.
Ada 5 Macam Narkoba dan Efek Sampingnya
1. Ekstasi
– Narkotika berbentuk pil atau kapsul
Biasanya Narkotika jenis ini di pakai oleh kalangan atas.
Efek sampinya, rasa gembira, muka pucat, banyak berkeringat dan tidak bisa tidur.
2. Heroin
– Heroin jarang di pakai oleh kalangan remaja
Orang yang mengonsumsi heroin bakal merasakan depresi berat.
Efek sampinya, kejang-kejang, tekanan darah meningkat berkeringat dingin, mual dan muntah.
3. Sabu-sabu
– Bubuk sabu yang berbentuk kristal, mudah didapat dan di pakainya.
Pengguna narkotika ini tidak pernah merasa kesakitan jika sedang sekau, bubuk ini sangat jahat karena langsung merusak otak.

4. Putau
– Putau sejenis heroin yang menyerbu generasi muda
heroin di hasilkan dari getah
Efek sampingnya, mengalami kegelisahan, keringat dingin menggigil, mual-mual muntah dan hidung berair.
5. Ganja
– Ganja merupakan bunga dan daun pohon ganja keringat yang sudah di rajang. Penggunaannya biasanya seperti rokok dan di hisap atau di makan.
Mereka juga jadi cuek terhadap diri dan lingkungannya.