KLARIFIKASI isu GEMPA dan TSUNAMI di SIRENJA Kab. Donggala

Meredam beredarnya isu akan terjadinya gempa dan tsunami pada bulan NOVEMBER di Sirenja Kabupaten Donggala, dimana penyebaran isu tersebut sudah meresahkan masyarakat, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi mengundang institusi terkait dalam hal ini BMKG kelas I Palu untuk melakukan klarifikasi sekaligus membuat pernyataan resmi mengenai isu tersebut.

Kepala BMKG yang diwakili oleh Bapak, Bambang Haryono Kepala Seksi Observasi menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi secara TEPAT kapan terjadinya gempa. saat ini, kita baru dapat memprediksi lokasi-lokasi yang memiliki resiko kerusakan lebih besar jika terjadi gempa. sehingga hal terpenting yang perlu dilakukan tentunya adalah senantiasa siap dalam menghadapi jika gempa benar-benar terjadi.

Perlunya mengedukasi masyarakat tentunya harus dilakukan oleh Pemerintah secara terus menerus. dan yang pasti bahwa kewaspadaan masyarakat terhadap gempa jangan sampai terlalu berlebihan, karena bisa saja hal tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, misalnya pencurian dll.

Adapun release dari BMKG sebagai berikut :

Release resi BMKG Kelas I Palu
sebagai respon kegelisahan masyarakat menanggapi ISU gempa di SIRENJA Kab. DONGGALA
Palu, 2/9/2019

Demikian disampaikan untuk menjadi pedoman.-