DISKOMINFO PROVINSI SIAP MENSUKSESKAN SENSUS PENDUDUK 2020 SECARA ONLINE

Palu, 17 Februari 2020, Bertempat di Ruangan Rapat Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (KIPS) Provinsi, Kepala Dinas KIPS Faridah Lamarauna menerima Tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi yang dipimpin oleh Bapak Mohammad Fadlian Syah, SST, M.Si. untuk memberikan bimbingan kepada ASN dan non-ASN di lingkungan dinas KIPS tentang hal-hal yang berhubungan dengan sensus penduduk (SP) secara on line dan teknis tata cara pengisian data kependudukan melalui aplikasi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas KIPS Faridah Lamarauna menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak BPS yang melakukan bimbingan teknis kepada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan mengawalinya di Dinas KIPS. Harapannya tentunya seluruh ASN dan non-ASN dapat seluruhnya mengisi data kependudukan melalui aplikasi sesuai dengan tenggang waktu yang ditetapkan yaitu mulai 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020, jika perlu sebelum tenggang waktu tersebut pengisian secara on line dapat diselesaikan. Hal ini sesuai harapan Bapak Gubernur agar para ASN dapat menjadi contoh bagi masyarakat Sulawesi Tengah dalam berpartisipasi mensukseskan SP 2020. Yang pasti melalui pendampingan tersebut, Diskominfo Provinsi bersama-sama dengan Perangkat Daerah lainnya siap mensukseskan SP 2020.

Dalam arahannya Bapak Fadlian menyampaikan bahwa untuk Sulawesi Tengah sendiri ditargetkan tingkat partisipasi masyarakat melalui SP 2020 secara on line yaitu 19% dari sekitar 3 juta penduduk, lebih dari itu tentunya jauh lebih baik. Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk memudahkan pengisian SP 2020 dihimbau untuk terlebih dahulu menyiapkan dokumen kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), dan buku nikah (jika ada). Selain itu, dijelaskan juga bahwa data-data yang telah diinput melalui sistem aplikasi nantinya akan diverifikasi kembali pada SP dengan wawancara yang akan dilaksanakan pada 1 sampai dengan 31 Juli 2020.

Foto :
Tim BPS melakukan pendampingan terhadap salah seorang staf Diskominfo didampingi oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik Bapak. Drs. Maulana Amir, M.Si.