Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola , M.Si. didampingi Danrem 132/tdl, Kapolda Sulteng, Sekda Propinsi Sulteng Memimpin Rapat melalui (  Vidio Confrence )  bersama Bupati /Walikota Se-Provinsi Sulawesi Tengah ,  Tentang Penanganan Pencegahan Covid-19 di Propinsi Sulawesi Tengah bertempat Ruang Kerja Gubernur, Selasa, 31 Maret 2020

Dalam rapat lewat Vidio Conferece bersama Bupati dan Walikota tersebut Gubernur Sulawesi Tengah menekanankan beberapa hal sebagai berikut  :

1. Gubernur Mengharapkan agar Bupati dan Walikota dapat membentuk Gugus Tugas Covid -19 Didaerahnya masing masing sesuai dengan edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2622/SJ.

2. Gubernur Meminta Bupati dan Walikota dapar Merelokasi anggaran berdasarkan Inpres 4  Tahun 2020 refocussing kegiatan , relokasi anggaran Anggaran , berdasarkan hal tersebut Gubernur meminta Bupati dan Walikota Palu dapat merevisi anggaran perjalanan Dinas , Propinsi Sulawesi Tengah sudah merelokasi anggaran Perjalanan Dinas sebesar 50 % dan untuk daerah yang melaksanakan Pilkada anggarannya juga dapat dicadangkan untuk membiayai kegiatan Gugus Covid -19 , tetapi petunjuk lebih lanjut kita tunggu lebih lanjut.

3. Gubernur Sulawesi Tengah Meminta Bupati dan Walikota agar meningkatkan koordinasi kepada semua unsur terkait di daerah untuk melaksanakan seluruh kebijakan kebijakan yang sudah ditetapkan dalam hal pengawasan perbatasan terhadap arus masuknya orang tetapi untuk distribusi Barang kebutuhan Pokok masyarakat dan kebutuhan Vital lainnya untuk diperbolekan untuk melintas.

4. Gubernur Meminta Bupati dan Walikota agar dapat memperhatikan dan mengisi Form yang dikirim kemendagri terkait dengan Kebutuhan ketahanan Pangan selama 6 bulan kedepan .

5. Gubernur Sulawesi Tengah meminta Bupati dan Walikota agar dapat menetapkan status Darurat di daerahnya masing masing , apakah Siaga Darurat dan Tanggab Darurat .

6. Gubernur meminta Bupati dan Walokota dapat melihat ketersediaan kebutuhan pokok.masyarakat di daerahnya dan meminta daerah kabupaten saling memberikan dukungan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan cara memperhatikan distribusi kebutuhan masyarakat.

7. Gubernur meminta kepada Bupati dan Walikota agar terus memperhatikan keselamatan tenaga Medis dan Gubernur juga menyampaikan bahwa distribusi APD yang dikirim melalui Gugus Covid Nasional dan didistribusikan pemerintah propinsi terus dimanfaatkan dengan baik dan kalau ada pasokan tambahan akan didistribusikan lagi.

8. Gubernur Juga mengharapkan agar langkah -langkah strategis sesuai kondisi daerahnya dalam pencegahan penanggulangan Covid – 19 dapat diambil dan terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk terus melakukan Pola Hidup Sehat. dan terus melaksanakan Pisycal Distation dan Sosial Distantion agar penyebaran Virus covid-19  bersama sama masyarakat dapat kita lawan.

Rapat tersebut dilaksanakan dengan Durasi 3 jam 30 Menit dan dapat dihadiri langsung Seluruh Bupati / Walikota Palu  dan Unsur Forkopimda dan Gugus Covid masing Daerah Se-Sulawesi Tengah.

Biro Humas dan Protokol.