Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. dan Rombongan Tiba Di Banggai Laut, Hari Selasa, 15 September 2020

Setelah tiba di Pelabuhan Rakyat Banggai Laut Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. disambut Bupati , Wakil Bupati , Unsur Forkopimda Banggai Laut , Kepala OPD Banggai Laut , Gubernur diterima dengan Prosesi Adat  .

Selanjutnya Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.SI dan Rombongan , didampingi Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut. Unsur Forkopimda dan Kepala OPD kabupaten Banggai Laut, Langsung Meninjau Pembangunan Bandar Udara Banggai Laut Yang ada di Kecamatan Banggai Utara desa Kendek .

Setelah Tiba di Lokasi Pembangunan Bandar Udara Gubernur, Bupati , Wakil Bupati Banggai Laut Mendengarkan Penjelasan Kepala Bandar Udara Tojo Una Una yang membawahi Bandar Udara Banggai Laut  Fitra Jaya yang menyampaikan bahwa Pekerjaan Bandar Udara Banggai Laut Tahun 2020 ini sudah mencapai 27 M dengan Pekerjaan Katen Vil dengan panjang 300M X 80 M selanjutnya untuk Tahun 2021 sudah diusulkan anggaran sebesar Rp. 200 M untuk mengerjakan Perpanjangan Landasan Pacu 1600 M X 80 M , sementara untuk Pembangunan Bandar Udara Banggai Laut dibutuhkan dana sebesar Rp. 600M .

Setelah meninjau Progres Pembangunan Bandar Udara Banggai Laut , Gubernur , Bupati , Wakil Bupati dan Rombongan melakukan Pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Banggai Utara Desa Kendek , pada kesempatan itu Banggai Laut Weny Bukamo , menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan  Bapak Gubernur dan rombongan di Banggai Laut semoga kunjungan bapak Gubernur dan Rombongan dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat kabupaten Banggai Laut.

Selanjutnya Bupati Banggai Laut menyampaikan bahwa dukungan Gubernur sangat besar terhadap pembangunan Bandar Udara Banggai Laut , dan Mengharapkan semoga diakhir masa jabatan Bapak Gubernur dapat melakukan kebijakan dan trobosan sehingga Tahun 2021 Bandar Udara Banggai Laut sudah dapat berfungsi dan sudah dapat dimanfaatkan.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. menyampaikan rasa syukur atas kesempatan bisa datang bersilaturahmi dengan masyarakat kecamatan Banggai Utara dan meninjau Proses Pembangunan Bandar Udara Banggai Laut “saya sangat mengapresiasi Proses Pembangunan Bandar Udara Banggai Laut”  ,  dan Propinsi Sulawesi Tengah juga sudah memberikan dukungan Anggaran dalam bentuk pengadaan Tanah Bandar Udara Banggai Laut dan sesuai komitmen kita bersama penyelesaian Bandar Udara Banggai Laut akan dilaksanakan melalui Pemerintah Pusat dalam hal ini Departemen Perhubungan , diakhir masa jabatan saya sebagai Gubernur akan kita dorong bersama percepatan Penyelesaian Bandar Udara Banggai Laut supaya dapat berfungsi sesuai harapan Bupati dan Bandar udara ini dapat melayani transportasi udara masyarakat Maluku Utara , dan Daerah Sulteng yang ada di Pulau Pulai seperti pulau Veling  .

Kemuadian Gubernur Mengapresiasi lompatan lompatan pembangunan yang ada di Banggai Laut , Gubernur menyampaikan bahwa hal ini merupakan gambaran keseriusan Bupati untuk membangun  daerah banggai laut , khususnya menata bangunan yang bersejarah yang menghargai Tokoh tokoh sejarah .

Setelah Meninjau Progres Pembangunan Bandar Udara dan Melakukan Pertemuan Gubernur Langsung Melakukan Peninjauan Dermaga Pelabuhan Perikanan Mato Desa Gonggong , Banggai Laut, Gubernur , Bupati dan Rombongan meninjau Cool Storage ABF , dimana rencana Pengembangan Dermaga Pelabuhan Perikanan Mato akan dilakukan penjelasan Kadis Kelautan dan Perikanan Propinsi  Arif Lajutba, tentang Master Plan dan Detail Enginering Desain (DED) untuk Tahun 2021 akan di lakukan Perluasan Dermaga 8 X50 M dan Pembangunan Pabrik Es dengan kapasitas 10 Ton .

Selanjutnya Gubernur , Bupati dan rombongan meninjau COOL STORAGE ABF milik Koperasi Perikanan Mina Rizky Abadi ( Komira) bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi .

Selanjutnya Gubernur bersama Rombongan meninjau Pembangunan Jalur II dan Penataan Lokasi Perkantoran Banggai Laut .

Biro Humas dan Protokol