Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, bersama Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Ngai, SE, Mengahdiri Pesta adat Lauje di Palasa, Kecamatan Palasa, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu, 19 September 2020

Acara Pesta adat tersebut Juga dihadiri Penasehat Dewan Musyawarah Adat Sulawesi Tengah   Dr. Hidayat Lamakarate, M,Si. Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong, Moh, Faisan dan Anggota DPRD Parigi Moutong , OPD Propinsi , Kaban Kesbangpol, Karo Kesramas, Karo Humas dan Protokol, Kabid Binamarga Dinas PU Propinsi dan OPD Kabupaten Parigi Moutong.

Pada Kesempatan Itu Ketua Panitia Pesta Adat Lauje , Ahmad Latoini , Menyampaikan ucapan terimakasi kepada Gubernur Sulawesi Tengah dan Rombongan , Wakil Bupati Parigi Moutong dan rombongan , Wakil Ketua DPRD dan Anggota dan Penasehat Dewan Adat Propinsi Sulawesi Tengah pada acara Kegiatan Pesta Adat Lauje yang setiap Tahunnya dilaksanakan , adapun tujuan pelaksanaan Pesta Adat Lauje dilaksanakan untuk melestarikan adat istiadat yang sudah dilaksanakan secara turun temurun.

Selanjutnya Penasehat Dewan Musyawarah Adat Sulawesi Tengah Dr. Hidayat Lamakarate, M,Si, mengapresiasi pelaksanaan Pesta Adat Lauje dengan harapan bahwa tradisi adat yang ada terus dapat dilestarikan secara terus menerus , selanjutnya Dr. Hidayat Lamakarate, M.Si, menyampaikan harapannya agar kiranya struktur kepengurusan Dewan adat secara berjenjang dapat di bentuk , selanjutnya Dewan Adat dapat memberikan solusi kalau ada permasalahan yang terjadi ditengah tengah masyarakat dan kedepan fungsi Dewan Adat dapat terlaksana dengan baik .

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, mengapresiasi Panitia yang terus berupaya untuk menghidupkan tradisi adat istiadat yang ada di masyarakat Lauje , Selanjutnya Gubernur Mengapresiasi Perkembangan kemajuan yang ada pada masyarakat Lauje, dan saya juga sangat mengapresiasi Pemerintah Parigi Moutong yang telah memberikan perhatian yang sangat besar kepada Anak Anak kita suku Lauje , mereka disekolahkan di jakarta dan diberikan pekerjaan pada pemerintah , untuk itu saya pesan “jangan Pernah Tinggalkan Sekolah” karena Pendidikanlah yang dapat memajukan orang, selanjutnya Gubernur mengharapkan.agar pelaksanaan Pesta adat lauje terus dilestarikan.

Pada Kesempatan itu Gubernur , juga menyampaikan harapannya kepada Masyarakat agar terus patuh terhadap protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid -19″Penyakit ini tidak bisa kita lihat sehingga hanya bisa dihindari dengan patuh untuk terus memakai masker, rajin Cuci Tangan dan Jaga Jarak , kalau tidak penting jangan dulu berpergian ke daerah lain , karena kalau dilihat dari kasus terkonfirmasi Positip Covid di Sulteng adalah orang orang pelaku perjalanan keluar daerah. “Saya Gubernur Sudah mengeluarkan Pergub tentang Protokol Kesehatan pada masa pendemi Covid -19 , dalam aturan tersebut sudah ada sangsi yang tegas kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap ketentuan Protokol Kesehatan.

Terakhir Gubernur , mengajak masyarakat untuk dapat mensukseskan Pilkada Secara Langsung yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020, ” Saya mengharapkan kepada Masyarakat untuk Menggunakan hak Pilihnya sesuai dengan hati Nurani , mari kita tingkatkan Prosesntasi Partisipasi Masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya , jangan karena alasan Covid kita tidak menggunakan hak pilih kita dengan baik , karena Pelaksanaan Pilkada sudah melaksanakan Prosedur standar Kesehatan pada masa pendemi Covid kata Gubernur.

Biro Humas dan Protokol