Wakil Gubernur Buka Workshop Kepariwisataan di Poso

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg. Palabbi SH MH secara resmi membuka Workshop Penyusunan Paket Wisata Tahun 2020 bertempat di Hotel Kartika Kabupaten Poso, Kamis 15 Oktober 2020.

Mengawali sambutannya, Gubernur melalui Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg Palabbi SH MH selaku pribadi dan atas nama pemerintahan daerah Provinsi Sulawesi Tengah memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah serta Pemerintah Kabupaten Poso selaku tuan rumah.

Wakil Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan workshop.

Menurut Wakil Gubernur, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah memandang penting dan menaruh perhatian terhadap kegiatan bidang pengembangan industri pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah yang bertujuan agar para mitra usaha pariwisata mampu menyusun paket wisata serta dapat bersinergi dengan pemerintah dalam menunjang pendapatan daerah serta menjalankan keberlanjutan perekonomian yang ada di masyarakat di masa new normal.

Penyusunan paket wisata sangat diperlukan karena berhubungan langsung dengan transportasi, akomodasi dan pramuwisata atau guide.

Untuk itu, Wakil Gubernur berharap dengan pelaksanaan workshop kiranya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang akan berkunjung di Provinsi Sulawesi Tengah dengan melibatkan mitra kerja yang bergerak di bidang pariwisata baik pihak swasta maupun pemerintah khususnya dinas terkait, untuk mengembangkan kepariwisataan di provinsi Sulawesi Tengah.

Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur menurut Wakil Gubernur merupakan salah satu daerah yang memiliki perkembangan sektor pariwisata yang luar biasa.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak pemerintah daerah diharapkan meningkatkan dan membangun infrastruktur, sarana dan prasarana serta SDM guna menunjang pengembangan wisata.

“Sebelum Mengakhiri sambutan ini, saya mengharapkan kepada kita semua , baik pihak penyelenggara maupun peserta dalam rangka memutus mata rantai penyebaran pandemi covid 19 agar dalam pelaksanaan kegiatan untuk tetap patuh dan melaksanakan disiplin protokol covid 19 dengan wajib mentaati 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar terhindar dari penularan pandemi covid 19 yang semakin hari semakin meningkat, dan sedini mungkin tidak melakukan perjalanan keluar daerah apabila tidak terlalu penting. selain itu berkaitan dengan pelaksanaan pilkada untuk senantiasa menjaga netralitas sebagai ASN,” jelas Wakil Gubernur

Pj Bupati Poso Drs Arfan MSi dalam sambutan selamat datang menyampaikan sambutan hangatnya kepada Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. H. Rusli Dg Palabbi SH MH beserta rombongan atas kedatangannya di bumi situwu maroso Kabupaten Poso.

Menurutnya, kabupaten Poso merupakan salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang memiliki destinasi pariwisata yang unik, menarik dan penuh pesona diantaranya danau poso yang eksotik, air terjun soluopa, pantai siuri, padamarari serta destinasi wisata pendidikan dan penelitian seperti patung megalitik dataran lore dan destinasi wisata menarik lainnya.

“Kegiatan workshop tentunya akan memberikan pemahaman keterampilan pola pikir tingkah laku kepada peserta dalam konteks sapta pesona aman tertib dan ada kenangan sehingga ada nuansa bahwa wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat destinasi wisata mendapat kesan yang baik dan dapat diceritakan kepada orang lain,” jelas Bupati Poso.

Dirinya juga mengharapkan agar masyarakat senantiasa mengikuti protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai pandemic Covid-19.

Sementara itu panitia pelaksana Dra A Sri Ilmiyani dalam laporannya menyatakan kegiatan workshop bertujuan agar mitra wisata usaha pariwisata dapat menyusun paket wisata serta dapat bersinergi dengan pemerintah untuk kemajuan kepariwisataan di Provinsi Sulawesi Tengah

Workshop penyusunan paket wisata dilaksanakan selama 1 hari bertempat di salah satu hotel di Poso. pesertanya terdiri dari usaha pariwisata dari unsur perhotelan travel dan pramuwisata.

Adapun yang bertindak sebagai narasumber, antara lain Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi Tengah, HPI Sulawesi Tengah dan ASITA.

Hadir pada kesempatan itu, Plt. Bupati Poso, Drs Arfan, M.Si, Plt. P2KB Sulteng, Drs. Moh. Nizam MSi, Kadis Pariwisata Sulteng, I Nyoman Sriadijaya, Tim Humas Pemprov Sulteng Pj. Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, N.L.R.Tandawuya,SH, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Poso I Wayan Susanto, SSTP serta pejabat terkait lainnya.

Biro Humas dan Protokol