Gubernur Aceh Resmikan Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu

Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. H. Rusli Dg Palabbi, SH. MH, Plt. Walikota Palu Sigit Purnomo Said, SH dan pejabat terkait lainnya meresmikan pembangunan Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan serahterima, pengguntingan pita serta pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pembangunan serta sholat duhur berjamaah, bertempat di Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu, Ahad 22/11.

Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT dalam keterangannya menyampaikan, konsep pembangunan Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu dilatar belakangi adanya kepedulian dari masyarakat Aceh pada musibah gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang di terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu, 28 September 2018 lalu.

Atas dasar senasib yang pernah sama-sama dilanda bencana, masyarakat dengan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Istimewa Aceh selanjutnya mengumpulkan donasi hingga berjumlah Rp3,5 Miliar.

“Setelah melakukan pengecekan, kami selanjutnya bersepakat untuk membangun Masjid di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga Kota Palu yang hancur akibat gempa bumi. Dan untuk memberikan satu kesan tersendiri, kami berkonsultasi dengan ITB untuk membangunkan Masjid dengan estetika Aceh yang dikawinkan dengan kearifan lokal Palu, yang proses pengerjaannya memakan waktu selama 21 bulan,” jelas Gubernur Aceh

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. H. Rusli Dg Palabbi, SH MH atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan atas nama pribadi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Aceh. Menurutnya arsitektur bangunan Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu luar biasa karena struktur bangunannya yang nyaman dan aman, memiliki sirkulasi angin yang cukup banyak serta tidak memiliki tiang penyangga di bagian tengah.

Wakil Gubernur berharap, Masjid yang telah dibangun dengan megah oleh pemerintah Aceh dapat lebih mempererat hubungan silaturrahmi antara Sulawesi Tengah dengan Aceh dan menjadi suatu kenangan terindah serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah dan memakmurkan Masjid serta menjaganya sekaligus menjadikannya sebagai wisata religi.

Lebih lanjut dalam sambutan gubernur, selaku pemerintah daerah Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg. Palabbi SH, MH menyampaikan apresiasi atas kedatangan Gubernur Aceh, Ketua Tim Penggerak PKK dan rombongan Bupati serta OPD Provinsi Daerah Istimewa Aceh, sekaligus menyampaikan selamat hari jadi kepada Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-57.

Menurut Wakil Gubernur, dalam ajaran Islam, Masjid adalah sebaik-baiknya tempat di muka bumi, bahkan Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar kepada para hamba-nya yang ikhlas menyumbangkan hartanya untuk membangun masjid.

Dalam kaitan membangun umat, Masjid bukan hanya berfungsi untuk tempat ibadah akan tetapi Masjid juga berfungsi sebagai tempat dimana umat Islam bersatu, bermusyawarah, bermuamalah dan bahkan sebagai tempat berlindung umat Islam di saat datangnya bencana alam maupun ujian-ujian lainnya dari Allah SWT, seperti pandemi covid-19 yang masih melanda bangsa Indonesia dan masyarakat Sulawesi Tengah pada khususnya.

“Dengan melihat fungsi-fungsi tersebut, maka saya berharap seiring diresmikannya bangunan Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu, kiranya dapat memberikan manfaat maksimal kepada umat Islam Sulawesi Tengah, pada khususnya Kota Palu. Insya Allah sesuai arti dari nama yang diberikan, Masjid ini dapat memancarkan cahaya kebaikan untuk menerangi dan menuntun kaum muslimin dan muslimat agar istiqamah melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar atau menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kejahatan,” sebut Wakil Gubernur

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakil Gubernur membacakan sebuah pantun “ covid-19 musuh bersama; lakukan 3m kalau ingin selamat; ayo perbanyak ibadah di Masjid Jami Nurul Hasanah; supaya hidup ini lebih berkah dan bermanfaat; burung maleo, burung merpati, cukup sekian dan terima kasih,

Sementara itu Plt. Walikota Palu, Sigit Purnomo Said SH dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan apresiasi sekaligus ucapan selamat ulang tahun ke-57 kepada Gubernur Aceh. Ir. Nova Iriansyah MT.

Menurut Plt. Walikota Palu, akibat gempa bumi, tsunami dan likuifaksi telah menghancurleburkan sebagian besar di wilayah Kota Palu. Dirinya menyampaikan terima kasih atas sumbangsih pemerintah Aceh yang telah membangunakan Masjid, pesantren dan taman pengajian yang diharapkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Selaku Plt Walikota Palu, saya menyatakan bahwa bapak dan seluruh warga masyarakat Aceh telah menjadi bagian dari keluarga besar kita di Kota Palu, hari ini bapak sudah punya rumah di Palu dan setiap langkah dari warga yang memasuki rumah ibadah yang dibangun oleh keluarga besar masyarakat Aceh akan menjadi nilai-nilai kebaikan di setiap masa. kami ucapkan terima kasih atas segala bantuan dan segala kebaikannya, kami berdoa semoga seluruh keluarga besar Aceh yang hadir pada kesempatan ini dan dimanapun berada senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” Ujar Plt. Walikota Palu Sigit Purnomo Said.

Peresmian pembangunan Masjid Jami Nurul Hasanah Aceh-Palu juga diisi tausiah serta sejarah ringkas pembangunan Masjid dan benang merah antara Provinsi Sulawesi Tengah dengan Daerah Istimewa Aceh yang masih memiliki hubungan kekerabatan yang disampaikan oleh Imam Masjid Dr. H. Hamdan Rampadio.

Turut dalam rombongan Gubernur bersama Ketua Tim Penggerak PKK Aceh antara lain ; Ketua dan beberapa anggota DPRD Aceh, Ketua DPD Aceh, Direktur PT Bank Aceh Syariah, 11 Bupati se-Provinsi Aceh. Turut hadir pula pada acara peresmian, Pj. Sekdaprov Sulteng, Ketua MUI Kota Palu, unsur Forkopimda, Camat Tatanga, Lurah Pengawu serta pejabat terkait lainnya.

Biro Humas dan Protokol