Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Longki Djanggola, M.Si. Didampingi Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, SE, Menghadiri Acara Pesta Panen Raya Padi Mapadendang di Desa Kasimbar Palapi Dusun Ogotang Kecamatan Kasimbar, Senin, 30 November 2020.

Ardi Kadir, S.Pd, MM, selaku ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan kabupaten parigi moutong, menyampaikan ucapan terimakasih Atas kehadiran Gubernur Sulawesi Tengah dan Wakil Bupati Parigi Moutong pada acara ini. selanjutnya Ardi kadir, menyampaikan bahwa kegiatan Adat Mampadendang merupakan tradisi adat Bugis yang menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen yang berlimpah, dan adat ini terus dilestarikan ditempat rantau.

Selanjutnya Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, SE, Menyampaikan trimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si, bapak kembali datang bernostalgia di dengan masyarakat Parigi Moutong dan trimakasih karena bapak tidak pernah lupa dengan masyarakat parigi moutong, selanjutnya Wakil Bupati, menyampaikan bahwa Parigi Moutong selama ini selalu Surplus Beras, Mulai Bapak Gubernur dulu jadi Bupati Parigi Moutong selalu Surplus Beras , karena potensi Pertanian di daerah ini sangat sangat tinggi, selanjutnya Wakil Bupati menyampaikan trimakasih  kepada masyarakat suku Bugis yang terus melestarikan Adat Istiadat masyarakat Bugis dimanapun berada seperti acara adat mappadendang yang dilaksanakan saat ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas Panen Padi yang berlimpah, wakil bupati juga berharap agar kegiatan ini merupakan dorongan agar masyarakat lebih giat lagi untuk berusaha.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. menyampaikan rasa syukur kita bersama bisa hadir pada acara ini dengan sehat tetapi harus dalam protokol kesehatan yang sangat ketat, “Saya minta kepada kita semua agar untuk mematuhi Protokol Kesehatan, Gubernur mengharapkan agar masyarakat jangan sampai menganggab enteng penyebaran virus Corona. Karena Virus Corona menular dari orang tampa gejala bisa saja yang disamping kita pembawa Virus Corona.

Selanjutnya Gubernur, menyampaikan bahwa benar daerah ini Surplus Beras semenjak saya Bupati disini, tetapi saya meminta agar masyarakat yang berkekurangan makan beras dari luar yang di distribusi Bulog.

Saya harap agar masyarakat dapat menjual berasnya Ke Bulog yang ada di parigi moutong agar beras yang di beli Bulog dapat didistribusikan kembali kepada masyarakat.

Saya pernah melarang beras untuk tidak keluar dari wilayah sulawesi tengah tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sulawesi tengah.

Gubernur sangat mengapresiasi kegiatan yang melestarikan  adat istiadat seperti acara adat Mapadendang di desa kasimbar palapi atas hasil panen padi yang berlimpah sebagai ucapan syukur masyarakat kepada Allah SWT 

Diakhir sambutan Gubernur, menyampaikan agar masyarakat dapat mensukseskan Pilkada secara serentak tanggal 9 desember nanti, masyarakat diharapkan untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, pilihlah siapa yang menurut saudara dapat memimpin sulawesi tengah untuk lebih baik lagi kedepan.

Biro Humas dan Protokol