FGD Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa)

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Staf Ahli Gubernur Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah Drs.Ikhwan membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Tahun 2019 yang dilaksanakan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah bertempat di Convention Hall Citra Mulia Hotel (CMH).

Kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Tengah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah merancang dan mempersiapkan kegiatan Focus Group Discussion sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Lanjut disampaikan bahwa inovasi merupakan faktor penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah. terjadinya pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan menunjukkan bahwa pengetahuan dan inovasi merupakan faktor yang semakin menentukan dalam kemajuan ekonomi dan pemerintah daerah dinilai mempunyai peran penting mendorong inovasi khususnya sistem inovasi daerah (SIDa). promosi pembangunan berkelanjutan dinilai tidak lengkap tanpa didukung iptek dan inovasi.

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah dan menyukseskan program pemerintah daerah. karena itu, setiap daerah dan wilayah harus memiliki spesialisasi sendiri mencakup pengetahuan dan budaya lokal bagi perkembangan inovasi agar mampu bersaing di kancah global.

Selanjutnya disampaikan bahwa sejalan dengan visi indonesia maju, maka sistem inovasi daerah menjadi sangat strategis dalam mengembangkan potensi unggulan daerah. dengan adanya SIDa yang dituangkan dalam Roadmap, sehingga diharapkan mampu memberikan arah inovasi daerah khususnya pemerintah provinsi, kabupaten dan kota Se- Sulawesi Tengah tidak hanya bekerja dalam rutinitas semata tetapi bekerja dengan orientasi hasil.

“tujuan dilaksanakan Focus Group Discussion untuk memberikan petunjuk kepada seluruh stakeholder baik itu OPD Provinsi, kabupaten / kota, akademisi, komunitas swasta dan media tentang arah penyusunan peta jalan (road map) sistem inovasi daerah (SIDa) sehingga dapat mengidentifikasi Produk Unggulan Daerah (PUD) untuk meningkatkan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat”,ucap Sekretaris Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Irwan,S.Pd,M.Si.

Nampak hadir Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Se Sulawesi Tengah, Akademisi dan perwakilan media. Adapun yang menjadi narasumber Kepala Sub Direktorat Pengembangan Wahana Inovasi Kemenristekditi RI Dr.Eka Gandara,M.Si.

RO.HUMAS PROTOKOL