Sekprov Sulteng Sidak Dinas Pangan

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr.H.Moh.Hidayat Lamakarate,M.Si yang juga selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah didampingi Asisten Adm. Ekonomi dan Pembangunan Dr.Ir.Bungan Elim Somba,M.Sc, Kepala Biro Adm. Ekonomi dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanta, pada Selasa (5/5).

Sidak dilakukan untuk memastikan proses pelayanan di kantor tetap berjalan dan mengecek kesiapan OPD teknis yang berkaitan pertanian dan pangan ditengah mewabahnya Covid-19.

Kesempatan tersebut, Sekprov Sulteng berkeliling mengecek kehadiran pegawai sekaligus melihat program kementerian pertanian yakni obor pangan lestari yang berada di Dinas Pangan Prov.Sulteng berupa Ayam Kampung Super, Ikan Lele dan Tanaman Sayur hidroponik, yang menurutya sangat bagus untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan perkantoran sebagai sumber pangan dan gizi.

Mengenai Program Kementerian Pertanian, Ia pun menanyakan kepada Kepala Dinas Pangan terkait Perkembangan Toko Tani atau Pasar Mitra Tani yang beralamatkan di Jln. Dewi Sartika.

Dampak Covid-19 pihak kementerian pertanian memberikan kemudahan dengan cara menjual produk pangan melalui Toko Tani (hasil produksi petani dan peternak) secara langsung ke masyarakat dibawah harga eceran tertinggi yang telah ditentukan, dengan terobosan penjualannya secara virtual (kerjasama ojek online) gratis ongkos kirim.

”untuk Sulawesi Tengah bagaimana,”tanyanya.

Menurutnya, Program Toko Tani bukan hanya bermaksud memudahkan agar pangan sampai dirumah masyarakat, tapi bertujuan pula agar ojek online ada pekerjaan ditengah pandemi dengan harapan masyarakat antusias belanja online.

Terakhir Ia pun berpesan agar Dinas Pangan segera mengusulkan permohonan untuk mendukung program Toko Tani.

Kadis Pangan Prov.Sulteng Ir.Abdullah Kawulusan menyampaikan saat ini program Toko Tani bekerjasama dengan gapoktan menjual secara mobile disebabkan belum disuport sistem ojek online dan Ia pun akan segera mengusulkan permohonan untuk mendukung program Kementerian Pertanian.

Produk pangan yang ada di Toko Tani diantaranya : beras, gula, cabe rawit, daging ayam, telur ayam dll.

Ro.Humas Protokol Setda Prov.Sulteng