Sekda Sapa Pengelola Bangga Kencana di Sulteng : Jelang Hari Keluarga Nasional, BKKBN Perwakilan Adakan Dialog Virtual

Sekretaris Daerah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si berkesempatan menyapa pengelola program Bangga Kencana di Sulteng lewat dialog virtual pada Selasa pagi (23/6) dari ruang kerjanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Dra. Maria Ernawati, MM selaku moderator menyampaikan bahwa jelang peringatan Hari Keluaga Nasional ke-27, pihaknya mengadakan dialog seputar pelaksanaan kebijakan Bangga Kencana di masa pandemi covid-19 dengan narasumber sekda selaku ketua harian gugus tugas covid-19 Sulteng.

Bangga Kencana sendiri adalah rebranding istilah dari Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang di masa lalu populer dengan KKBPK.

“Kami ingin mendapat pencerahan dari bapak terkait kebijakan termasuk apa itu new normal,” tutur kepala perwakilan.

Sekda berujar bahwa penerapan kebijakan di new normal mengharuskan kita beradaptasi dengan wabah supaya bisa tetap beraktivitas dan tidak terjangkit.

Kunci supaya tidak terjangkit lanjutnya adalah harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker saat aktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan langsung membersihkan diri saat pulang ke rumah sebelum kontak dengan keluarga.

“Itulah pola kebiasaan baru yang harus dipatuhi,” tegasnya.

Ia melanjutkan, “Kalau dulu semua orang sehat nanti diperiksa baru ketahuan sakit tapi sekarang semua orang dianggap sakit nanti diperiksa baru ketahuan sehat atau tidak.”

“Jadi tidak boleh mengklaim sehat kalau belum diperiksa,” tambah Ia menjelaskan beda situasi new normal sekarang dengan normal masa lalu.

Di penghujung dialog, sekda menyampaikan harapan dan selamat memperingati hari keluarga nasional.

“Dengan cara baru dan semangat baru, BKKBN hadir melayani keluarga Indonesia, dan semoga seluruh jajaran BKKBN dilindungi dan dimudahkan,” pungkasnya.

Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng