Kunjungi PT GNI, Wagub Ingin Naker Lokal Diutamakan

Wagub Sulteng Dr. H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH melanjutkan kunjungan ke PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Rabu (24/2).

“Kami ingin memastikan perusahaan tambang dan smelter di Sulawesi Tengah bisa berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan,” ujar wagub menjelaskan tujuan kunjungan.

Lebih lanjut Wagub Rusli Palabbi ingin mengecek progress pembangunan PT GNI dan memastikan tidak ada hak-hak masyarakat yang diabaikan perusahaan.

Dari paparan PT GNI diketahui bahwa saat ini perusahaan sedang memacu penyelesaian dua unit smelter agar dapat dioperasikan Mei nanti.

Olehnya perusahaan akan menambah sekitar 4000 tenaga kerja untuk mempercepat penyelesaian smelter tersebut.

“Kami akan mencari tenaga-tenaga yang berskill di Morowali Utara dan seputaran Sulawesi Tengah dulu, baru ke luar pulau kalau belum mencukupi,” jelas Anto dari bagian eksternal perusahaan.

Atas penjelasan itu, wagub mengharapkan agar perusahaan dapat menyerap tenaga-tenaga lokal yang ada sebelum memasok tenaga dari luar supaya tidak ada kecemburuan.

Selain itu, Ia meminta perusahaan mempercepat penyelesaian sisa lahan masyarakat yang diambil untuk pengembangan usaha termasuk melengkapi dokumen AMDAL dan perijinan terkait lainnya.

“Kami sangat berterima kasih ada investasi yang sangat besar di Morowali Utara dan sekaligus mengangkat Sulawesi Tengah sebagai tujuan investasi,” pungkas Wagub Rusli Palabbi.

Turut hadir dalam pertemuan, Forkopicam dan pejabat terkait Pemda Kabupaten Morowali Utara serta pejabat provinsi diantaranya Kadis DPMPTSP dan Kadis Bina Marga dan Tata Ruang.

(Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)