Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, Dr. I Komang Adi Sujendra. Mengikuti Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap II dengan Narasumber Menteri Kesehatan (MENKES) Republik Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLu, bersama Gubernur, Kapolri dan seluruh Instansi secara Daring diRuang Video Conferences (VIDCON) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, (Selasa, 02/03/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Kesehatan (MENKES) Republik Indonesia menyampaikan, bahwa “Vaksinasi Tahap ke-II ini dilakukan pada bulan Maret s/d Juni untuk 38 Juta orang, yang diantaranya 12 Juta lansia dan 17 Juta Pelayanan Publik. Kemudian Diharapkan kepada semua Pemerintah Daerah agar selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan TNI, Polri serta Stakehoder terkait lainya baik itu pengamanan, penerimaan dan pendistribusian Vaksin terbut, sehingga dalam pelaksanaan Vaksinasi dapat berjalan sesuai rencana Pemerintah Pusat.” Ujarnya.

“Kita sudah menyuntik 1,46 Juta orang, dari target 181,5 Juta orang, dan pada tahap ke-II ini, kita akan menyuntik dua Grub Besar yaitu, Lansia sebanyak 21,5 Juta orang dan Petugas Publik 16,9 Juta orang. Kemudian total keseluruhan yang sudah di Vaksinasi yaitu, 38 Juta orang”. Lanjutnya.

Pada bulan Maret 2021 ini ditargetkan bisa tembus 500.00 orang /Hari, dengan jumlah Vaksin yang cukup banyak sekitar 15 Juta dalam satu bulan.  Diharapkan untuk masing-masing Daerah perlu membuat perencanaan di Level Kabupaten/Kota untuk menyelesaikan target Vaksinasi Tahap ke-II paling lambat bulan Juni 2021.

Prioritas Vaksinasi Lansia sesuai proporsi Tahap ke-II dilaksakanan diseluruh Kabupaten/Kota.  21,6 Juta Lansia yang akan di suntik sampai akhir Juni. Dan Perencanaan Pelaksanaan Vaksinasi tersebut dapat di Koordinasikan dengan pihak KEMENKES dalam hal rencana suplasi dan distribusi Vaksin dari Pusat ke Daerah.

Setiap Daerah perlu mengoptimalisasi Vaksinasi oleh fasilitas-fasilitas  Kesehatan, termasuk membangun sentra-sentra vaksinasi dan upaya-upayan ini dapat dilakukan kerja sama dengan pihak Swasta, dengan syarat Vaksinasi tetap diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Pada bulan Mei s/d Juni Vaksin yang disalurkan akan lebih banyak di seluruh kota-kota besar terutama yang memiliki populasi penduduk yang cukup besar. Dalam pelaksanaan penyuntikan Vaksin ini membutuhkan Lokasi yang luas yang mudah di jangkau oleh masyarakat.

Interval Vaksinasi orang Dewasa (18-59 tahun) antara dosis 1 dan dosis 2 adalah 14 atau 28 Hari.

#DKIPS KOMINFO SULTENG#