Gubernur Sulteng Ikuti Peringatan HUT Otonomi Daerah Ke-XXV Tahun 2021

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si ikuti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah Ke-XXV Tahun 2020 dengan Tema : Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong dimasa Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju melalui Virtual di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. (Senin, 26/4/21)

Turut mendampingi Gubernur yaitu Plt. Karo Adpem, Kepala Pengadilan Tinggi (KPT), Kejaksaan Tinggi, Ketua DPRD, Kapolda, Danrem 132 Tadulako dan Danlanal Palu.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan Pelaksanaan Otonomi Daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan Adaptif, Pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat, tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dengan keinginan dan perubahan, ada 5 Indikator Nasional terkait perjalanan Otonomi Daerah selama kurun waktu 25 Tahun yaitu : Proses Pemilu dan Mutualisme, Fungsi dan Kepemimpinan Pemerintah, Partisipasi Politik, Budaya Politik serta Kebebasan Sipil. ucapnya pada pertemuan tersebut.

Beliau juga menilai peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali Dinamika dan Tantangan yang dihadapi oleh Pemerintahan Daerah dimasa yang akan datang, tambahnya.

Apresiasi kepada Kemendagri, Kepala Daerah, Perangkat Daerah, Penyelenggara Pilkada dan Masyarakat atas kontribusinya dalam keberhasilan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 di 270 Daerah.

Lahirnya Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, diharapkan dapat memperkuat Sistem Otonomi Daerah yang ditandai dengan perubahan Politik dan Pemerintahan sebagai pencapaian pembentukan negara dan bangsa, maka 25 April 2021 ditetapkan sebagai hari Otonomi Daerah, ujarnya

Indonesia adalah salah satu negara atau bangsa yang memiliki tujuan untuk Menciptakan, Memakmurkan, Mensejahterakan Rakyat dan Menciptakan Keadilan, dengan adanya Globalisasi di tengah situasi Politik Internasional yang anarki, menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan yaitu Sistem Pemerintahan, Sistem Politik dan Pemerintahan yang tepat. tambah Tito Karnavian dalam arahannya.

DKIPS PROV. SULTENG