BMKG : Stasiun Pemantau Atmosfer Global Lore Lindu Bariri Terbitkan Buletin Prakiraan Musim Kemarau Tahun 2021

Asisten Adm. Ekonomi dan Pembangunan DR. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc ikuti Peluncuran Buletin Prakiraan Musim Kemarau Tahun 2021 secara Virtual di Ruang Video Conference (VIDCON) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. (Senin, 3/5/21)
Kepala Stasiun Pemantau Atmosfer Global Lore Lindu Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Asep Firman Ilahi S.tat., M.Si , Perubahan Iklim adalah perubahan langsung maupun tidak langsung dari ulah manusia yang menyebabkan perubahan komposisi Atmosfer Global dan juga variabilitas iklim, pembangunan pertanian di hadapkan dengan beberapa Kendala dan masalah geofisik yang di sebabkan oleh pemanasan global akibat peningkatan emisi gas rumah kaca. Katanya pada pertemuan itu.
variabilitas ini menyebabkan curah hujan yang tidak dapat di prediksi dan cenderung tidak menentu sehingga menimbulkan kejadian kekeringan dan kebasahan atau banjir, bencana banjir mengakibatkan lahan pertanian tergenang dan terjadi kelumpuhan aktifitas sosial ekonomi masyarakat hingga tidak berfungsinya sarana dan prasarana yang ada, sehingga berakibat pada gagal panen dan penurunan produksi pertanian dan lebih mengkhawatirkan akan mengganggu kesetabilan pangan di daerah.
Publikasi prakiraan musim kemarau 2021 ini di susun berdasarkan analisis dan prediksi serta laporan data curah hujan dari UPT BMKG dan dari stasiun bekerja sama dengan provinsi Sulawesi Tengah.
Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG DR. Ir. Dodo Gunawan I.I.E menyampaikan menjadi langkah awal dalam mengantisipasi dampak perubahan dan varibilitas iklim dalam usaha bidang usaha pertanian, perkebunan, dan sumber daya alam lainnya khususnya provinsi Sulawesi Tengah, ujarnya
Secara rutin BMKG menyampaikan informasi prakiraan musim ini sesuai dengan musim yang akan kita hadapi, saat ini kita akan menghadapi musim kemarau dan tentu baru saja musim yang lalu baru kita telah melalui musim hujan tahun 2020, 2021. fenomena global el nino dan la nina memiki dampak yang sangat luas dan terutama untuk wilayah Indonesia.
Turut hadir pada pertemuan itu Kapolda, Danrem 132/Tadulako, Bupati/Wali Kota, Kepala BPBD, UPT BMKG, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala Kementrian Lembaga Fraktikal Se-Sulawesi Tengah.
DKIPS PROV. SULTENG