Sekda Prov. Sulteng Hadiri Acara Seremoni Penandatanganan Nota Kesepakatan Perjanjian Kerjasama LAPAN dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekda Prov. Sulteng H. Mulyono, SE., AK., MM didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Sulteng Moh. Arif Latjuba, SE., M.Si dan Sekretaris BAPPEDA Prov. Sulteng Kamal Ariansyah, S.STP., M.Si Mengikuti Kegiatan Seremoni  Penandatanganan Nota Kesepakatan Perjanjian Kerjasama Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah secara Virtual di Ruang Video Converence (Vidcon) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. (Jumat, 11/6/21).

Sekda Prov. Sulteng H. Mulyono, SE., AK., MM, membacakan sambutan Gubernur menyampaikan atas nama pemerintah Sulawesi Tengah,  saya menyambut baik dan menyatakan dukungan terhadap kegiatan ini dan berterima kasih kepada kepala LAPAN beserta jajarannya yang telah berkenan untuk melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi pengindraan jauh yang saya maknai sebagai wujud komitmen kita untuk mendorong pelaksanaan pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang lebih baik.

Nota kesepakatan ini adalah bentuk dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi penginderaan jauh untuk mendukung program pembangunan yang merupakan wujud dari usaha kita untuk meningkatkan kualitas pembangunan daerah  dan memaksimalkan sumber daya yang kita miliki. Ujarnya.

Kepala LAPAN Thomas Jamaludin dalam sambutanya menyampaikan kerja sama ini tentu sangat penting, peran LAPAN sebagai lembaga penelitian pengembangan serta pemanfaatan kedirgantaraan dan penyelenggaraan keantariksaan, eksistensi dan kontribusi LAPAN kepada semua kementrian lembaga dan daerah akan tetap dilakukan.

Peran IPTEK berbadan antariksa sangat penting, dalam rencana strategi Tahun 2020-2024 mencadangkan Visi menjadi penggerak sektor-sektor pembangunan berbasis IPTEK berbadan antariksa untuk mewujudkan Visi presiden yaitu Indonesia yang maju, mandiri dan berdaulat, dengan kerja sama dan sinergi semua pihak, Visi tersebut bisa dilaksanakan.

masukan-masukan yang kompetitif dari daerah terkait dengan kebutuhan-kebutuhan yang diberikan di daerah untuk bisa dilayani dengan lebih baik lagi, dan nantinya akan ada kerja sama LAPAN, Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi. Harap Kepala LAPAN

LAPAN yang maju bisa mendorong Indonesia yang maju, LAPAN yang unggul bisa mendorong Indonesia yang maju, dan LAPAN yang melayani bisa mendorong Indonesia lebih mandiri, dengan slogan “LAPAN unggul Indonesia maju, LAPAN melayani Indonesia mandiri, berinovasi dan berkolaborasi”. Ucap Thomas jamaludin dalam pertemuan tersebut.

Penandatanganan nota kesepakatan ini diharapkan dapat mensinergikan sumber daya yang kita miliki serta menjadi pedoman dalam melaksanakan kerja sama dan kemitraan yang saling menguntungkan dalam bidang teknologi dan informasi, disamping untuk mewujudkan keterpaduan pembangunan antar sektor dalam masyarakat dengan memanfaatkan ruang wilayah serba berdaya guna, serasi, seimbang dan berkelanjutan.

Untuk itu, saya mengharapkan peran aktif para pimpinan perangkat daerah terkait untuk mengimplementasikan nota kesepakatan ini agar memberikan kontribusi dan daya dukung yang besar terhadap proses pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah sehinggal mencapai hasil yang maksimal. Tegas Sekda Prov. Sulteng dalam sambutanya.

Turut hadir : Kepala LAPAN, Sekretaris LAPAN, Deputi Bidang Pengindraan Jauh LAPAN, Kepala Dinas Kelautan Prov. Sulteng,  Kepala Bappeda Prov. Sulteng, Kepala Biro dan Pemerintahan, para Pejabat dan Fungsional dilingkungan Provinsi Sulawesi Tengah.

*DKIPS PROV. SULTENG*