BPS Sulteng Gelar Sosialisasi Uji Coba Indeks Pembangunan Statistik Tahun 2021.

Palu, Sulawesi Tengah. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Sosialisasi Uji Coba Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Ruang Aula Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah. Selasa, (30/11/21)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Drs. Simon Sapary, M.Sc dalam sambutanya sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah, BPS diamanahkan untuk melakukan pengawasan teknis penyelenggaraan statistik sektoral ditingkat pemerintah Provinsi.

“Ukuran capaian penyelenggaraan statistik menggunakan ukuran tingkat kematangan penyelenggaran statistik sektoral oleh instansi pusat dan Pemerintah Daerah yang dibagi menjadi 5 domain, 19 aspek dan 40 indikator.” Ucap Kepala BPS

Saat ini BPS sedang menyusun instrumen Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dalam Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Statistik (SIMBATIK) yang bertujuan untuk mendapatkan ukuran capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan statistik sektoral di Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Adapun tujuan penyusunan Indeks Pembangunan Statistik yaitu ; Pertama, Mengukur capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan statistik sektoral di Kementrian, Lembaga serta Pemerintah Daerah.

Kedua, Mendapatkan satu ukuran terpenuhinya prasyarat penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI).

Ketiga, Sebagai dasar untuk melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SDI dan data statistik di Kementrian, Lembaga serta Pemerintah Daerah.

Keempat, Digunakan sebagai dasar bagi BPS  untuk menyusun strategi pembinaan statistik sektoral kepada Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“5 domain yang digunakan dalam ukuran capaian statistik yaitu : Prinsip satu data, kualitas data, proses bisnis, tata kelola dan sistem statistik nasional.” Jelas Simon dalam sambutanya

Selanjutnya, manfaat yang akan diperoleh BPS, Kementrian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan terbangunnya Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yakni ; (1) Mendapatkan ukuran bersama untuk menjadi dasar dalam menghasilkan statistik berkualitas yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan publik dan pemanfaatan data yang lebih luas untuk pengambilan kebijakan dan pengukuran keberhasilan pembangunan Nasional. (2) mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi statistik bagi semua pihak. (3) Meningkatkan koordinasi, integrasi, singkronisasi dan standarisasi kegiatan statistik yang dilakukan oleh pemerintah dalam kerangka Sistem Statistik Nasional (SSN).

Turut hadir : Fasilitator BPS RI, Kepala BPS Kabupaten/Kota, Perwakilan OPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.