Percepat Pembangunan Dana Stimulan, BPBD-Korem 132 TDL Rapat Rehab-Rekon

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Bartholomeus Tandigala CES bersama Komandan Korem 132 TDL, Kolonel Infantri Agus Sasmita memimpin rapat percepatan rehab-rekonstruksi tahun 2019, bertempat di Aula Manggala Sakti, Makorem 132 TDL, Selasa 26 November 2019.

Rapat percepatan pembangunan kembali perumahan pasca bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah berdasarkan Surat Perintah Pangdam XIII/MDK No ; Sprin / 2322 / XI / 2019 Tanggal 1 November 2019. Diikuti ratusan peserta.

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 1306 Dgl, Kasrem 132 TDL, Pabung Dgl, Sigi, Kalakhar BPBD Kota, Donggala, Sigi, Ketua Pokmas, Korfas, Aplikator dari Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi.

Dalam rapat tersebut berbagai permasalahan disampaikan oleh Pokmas, terkait lambannya pencairan dana, kurangnya stok material bahan bangunan, minimnya upah tukang dan beberapa hal lainnya.

Berkaitan dengan persoalan dimaksud, baik Kalakhar BPBD Sulteng maupun Danrem 132 TDL segera memberikan solusi dari permasalahan yang ada.

Kedepannya akan dilakukan evaluasi kepada aplikator yang tidak sanggup mengikuti aturan yang telah disepakati, selanjutnya akan dibicarakan lebih lanjut terkait perpanjangan kontrak kerja fasilitator serta kemudahan pencairan dana bagi Pokmas dan yang terpenting adalah pelibatan anggota TNI untuk membantu perbaikan rumah warga yang terdampak bencana.

Yusuf, Ketua Pokmas Pengawu 4 ketika dimintai keterangannya mengaku tidak mempunyai masalah yang berarti. Progres pembangunan fisik rumah anggotanya rata-tata mencapai 75%, bahkan ada yang sudah 100%. Dari keseluruhan anggota kelompoknya sudah penyelesaian atap rumah, tinggql seorang yang masih tahap pembuatan kuda-kuda karena terkendala tukang.

Biro Humas dan Protokol