Tiru Prestasi MIN 1, Sekda Ingin Hidup Sehat Jadi Kebiasaan Siswa

Prestasi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Palu yang sukses meraih 2 besar nasional dalam pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKSM) baru-baru ini, diharap menginspirasi pengurus UKSM lain di Sulteng.

Dorongan ini datang dari Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate yang membuka Rakor Tim Pembina UKSM pada Selasa pagi (26/11), di Vila Sutan Raja.

“Lihat apa yang ada di sana (MIN 1) dan apa yang tidak ada di tempat saudara,” tutur sekda supaya pembina UKSM lain melakukan benchmarking, dan adopsi.

Ditambahnya, kehadiran UKSM bukan hanya untuk mengobati atau memberi pertolongan pertama saat ada siswa yang sakit tapi mesti mendorong gerakan hidup sehat sejak usia dini.

Inilah lanjut sekda jadi tantangan terberat pembina UKSM karena mereka harus memastikan gerakan moral ini tidak redup manakala berganti pengurus.

Olehnya para siswa harus terus dilatih agar hidup sehat jadi kebiasaan yang tertanam dalam diri mereka.

“Bisa bayangkan kalau lingkungan tidak sehat malah justru memberi bonus kontribusi penyakit,” tegas sekda, mantan kadis kebersihan Kota Palu.

“Kita pastikan smua sekolah harus memenuhi syarat-syarat standar dan karena itu contohi MIN 1,”pungkasnya.

Sesuai laporan ketua panitia Dr. Budi Lamaka, M.Kes, bahwa peserta rakor terdiri dari unsur bagian kesra, dinas pendidikan, dinas kesehatan dan kantor kementerian agama kabupaten/kota serta perangkat daerah provinsi.

Turut menghadiri acara, Karo Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Provinsi Dra. Siti Hasbiah Zaenong, M.Si dan pembina pusat UKSM Agus Suharyanto sebagai narasumber.

(Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)