DISKOMINFO PROVINSI MENYIAPKAN “PASUNA” INTERNET GRATIS

Sensus Penduduk (SP) 2020 secara on line sudah dimulai sejak Sabtu 15 Februari 2020. Gubernur Sulawesi Tengah melalui arahannya pada saat upacara gabungan pada Senin 17 Februari 2020 menyampaikan harapannya kepada seluruh ASN untuk mendukung SP 2020 secara on line dengan menjadi agen untuk mensosialisasikan tata cara pengisian data kependudukan melalui aplikasi kepada keluarga dekat, tetangga dan masyarakat lainnya. Atas hal tersebut, Gubernur sangat mengharapkan peran aktif Pimpinan Perangkat Daerah untuk menyampaikan dan mensosialisasikan hal tersebut di lingkungan kerja masing-masing.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (KIPS) Provinsi, Faridah Lamarauna melalui Bidang Pengelolaan e-Government telah menyiapkan “Pasuna” atau pojok atau ruangan yang bisa dimanfaatkan oleh ASN dan masyarakat umum untuk mengisi data pada aplikasi sensus penduduk dengan fasilitas Internet gratis 24 jam. “Pasuna” Internet Gratis tersebut terletak sebelah kiri (arah timur) dari posisi bangunan utama kantor atau lokasi kantin saat ini.

Menurut Bapak Ahfan Halim, SE, Msi selaku Kabid Penyelenggaraan e-Government menjelaskan bahwa cara penggunaan fasilitas Internet gratis tersebut adalah dengan terlebih dahulu menginstall aplikasi QR CODE, setelah itu menscan kode BARCODE yang telah disediakan.

Untuk memudahkan pengisian pada aplikasi SP 2020 diharapkan sebelumnya melengkapi dokumen kependudukan berupa kartu keluarga, kartu tanda penduduk, dan buku nikah (jika ada). Lebih lanjut dijelaskan bahwa fasilitas Internet gratis ini sendiri berlaku sampai dengan 31 Maret 2020 sebagai upaya nyata Dinas KIPS mensukseskan SP 2020 sebagaimana arahan Bapak Gubernur.