Sejarah Singkat

Profil singkat Dinas Komunikasi, Informatika, Persendian dan Statistik (kips) Provinsi Sulawesi Tengah berawal dari dipisahnya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika yang menjadikan Satuan Kerja Perangkat Daerah ini lahir dengan tugas fungsi dan tata kerja dinas komunikasi dan informatika daerah provinsi Sulawesi tengah di bawah payung hukum gubernur Sulawesi Tengah nomor : 16 Tahun 2013. Tugas dan fungsi dalam urusan yang menjadi kewenangan dinas saat itu adalah sebahagian urusan pemerintahan di bidang pos dan telekomunikasi dan bidang sarana komunikasi dan diseminasi informasi.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan Penyelnggaraan Pemerintahan Daerah yang diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat oleh uu no. 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah membawa Dinas Komunikasi dan Informatika dalam urusan dan nomenklatur berubah menjadi Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah sebagaimana tugas fungsi dan tata kerja Dinas dalam Peraturan Gubernur No. 69 Tahun 2016.

Tuntutan perkembangan teknologi membuat budaya kerja menjadi berubah total, penyelenggaraan pemerintahan secara manual berubah menjadi penyelenggaraan pemerintahan berbasis ICT (Information, Communication & technology) sebagaimana amanat Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Langkah-langkah percepatan penerapan pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Dimulai dari implementasi Rencana Induk TIK Provinsi Sulawesi Tengah dengan membangun infrastruktur antara lain menyiapkan server dan perangkat penunjang lainnya sebagai jantung pusat masuk keluarnya data elektronik. Disisi lain secara bertahap telah digelar jaringan kabel fiber optik dan pemasangan radio wireless sebagai nadi lalu lintas data elektronik.

Dalam perkembangan Dinas Komunikasi dan Informatika sejak berdirinya di tahun 2013 telah beberapa kali terjadi pergantian Kepala Dinas diantaranya :

H. Iskandar Nasir, SH., MH : 2013 – 2014
Drs. Mohammad Nizam, MH : 2014 – 2015
Andi Syahrul Yotolembah, SE : 2015 – 2017
Drs. Mohammad Nizam, MH : 2017 – 2018
Faridah Lamarauna, SE., M.Si : 2019 – Sekarang