Bawakan Materi Literasi Digital, Kadis Kominfosantik : Gunakan Perangkat Teknologi Dengan Bijak

Palu-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menjadi narasumber pada  Workshop Literasi Digital di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palu. Bertempat, di Aula SMK Negeri 2 Palu. Jumat, (30/8/2024)

Kegiatan ini juga dihadiri Dewan Guru SMK Negeri 2 Palu, staf Dinas Kominfosantik Provinsi Sulteng dan siswa/siswi SMK Negeri 2 Palu sebagai peserta Workshop.

Dalam kesempatan itu, Sudaryano menjelaskan bahwa dasar hukum dari adanya teknologi informasi dan komunikasi diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kemudian, Undang-Undang Nomor RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Selanjutnya, ia mengungkapkan bahwa literasi digital memiliki manfaat diantaranya ; meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berfikir dan memahami informasi, menambah penguasaan kosa kata individu, meningkatkan kemampuan verbal dan daya fokus serta menambah kemampuan individu merangkai kalimat dan menulis informasi.

“Berdasarkan laporan We Are Social, pada Januari 2024  185 juta individu pengguna internet di Indonesia, setara 66,5 persen, dari total populasi nasional berjumlah 278,7 juta orang”, sebutnya

Dijelaskanya juga bahwa dalam 10 tahun terakhir, tingkat pertumbuhan paling tinggi tercatat pada Januari 2017, dimana pengguna internet nasional melonjak 28,4 persen. Jika dibandingkan Januari 2014 jumlahnya saat ini sudah bertambah sekitar 141,3 juta pengguna.

Untuk itu, ia pun mengajak seluruh dewan  guru, untuk tidak menggunakan peralatan kantor dalam bermedia sosial. Selain itu, kepada para siswa-siswi Sudaryano berpesan agar para generasi milenial mampu mengendalikan diri dalam bermedia sosial dan menggunakan perangkat teknologi dengan bijak.

Terakhir Ia berharap, kepada seluruh peserta Workshop untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia digital diera saat ini.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMKN 2 Palu Loddy Surentu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kominfosantik Provinsi Sulteng yang telah menginisiasi kegiatan Workshop literasi digital hari ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa dan siswi kami, dimana literasi digital perlu untuk terus dibumingkan sebab, pemahaman digital merujuk pada pemahaman dan keterampilan untuk berpartisipasi aktif dalam lingkungan yang didominasi oleh teknologi digital”, Jelas Kepsek SMKN 2 Palu sekaligus membuka Workshop secara resmi.

Ia berharap, melalui Workshop ini para siswa-siswi mendapatkan pengetahuan dan memahami betapa pentingnya literasi digital diera yang serba canggih seperti sekarang ini.

Sumber : Dinas Kominfosantik Provinsi Sulteng/PPID Pelaksana