RUN DOWN KEGIATAN DAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT KE-74 PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

  1. Talkshow Live di TVRI

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi bekerja sama dengan TVRI. Pelaksanaan kegiatan pada 13 Agustus 2019 dengan 3 (tiga) narasumber yang membahas tema yang berbeda yaitu :

  • Dr. Bunga Elim Somba, MSc, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Setdaprov Sulawesi Tengah sekaligus selaku Ketua Panitia yang membahas tentang pencapaian visi dan misi melalui perspektif penyerapan anggaran oleh OPD, strategi dalam menekan laju inflasi dan tentunya kesiapan Pemerintah Provinsi dalam memperingati HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI;
  • Faridah Lamarauna, SE., M.Si. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi, yang membahas tentang langkah-langkah strategi yang telah dilakukan dalam mewujudkan SDM unggul melalui penguasaan Iptek dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik;
  • Dr. Fahruddin D Yambas, M.Si. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi, yang membahas tentang peran generasi muda dalam menangkal isu radikalisme dan menjaga keutuhan NKRI
  • Lomba Peraturan Baris Berbaris tingkat SMP/SMA/SMK sederajat

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Hidayat Lamakarate M.Si secara resmi membuka lomba peraturan baris berbaris (PBB) kreasi yang diikuti peserta yang berasal dari tingkat SMP/Tsanawiyah, SLTA dan SMK dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Republik Indonesia yang ke-74 bertempat di Lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Rabu 14 Agustus 2019.

Dalam sambutannya Sekdaprov. H. Hidayat Lamakarate menyampaikan, kegiatan PBB kreasi yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 sangat strategis  guna membantu pembentukkan watak, mental dan kepribadian bela negara khususnya di kalangan pelajar SMP dan SMA maupun SMK. Sejumlah kreasi yang ditampilkan para putra-putri yang tergabung dalam Tim Kreasi PBB masing-masing sekolah mendapat apresiasi dan aplaus dari penonton, terutama ketika menampilkan kreasi yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi maupun yang kocak.

  • Pengukuhan Paskibraka Sulawesi Tengah tahun 2019

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Hidayat Lamakarate, M.Si secara resmi mengukuhkan Paskibraka Sulawesi Tengah yang ditandai dengan penyematan lencana dan pemasangan kendit serta MPG secara simbolis kepada Nur Azizah Nur bertempat di gedung pogombo kantor Gubernur Sulawesi Tengah Kamis 15 Agustus 2019. Dengan dikukuhkannya para anggota Paskibraka secara resmi telah diberikan dan menerima tanggung jawab atas pelaksanaan tugas pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka pada upacara peringatan HUT ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia. Hadir pada kesempatan itu unsur Forkopimda Sulawesi Tengah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, orang tua siswa, pelatih dan pengurus paskibraka.

  • Lomba-lomba menarik lainnya

Bertempat di halaman Kantor Gubernur kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator, dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Prov Sulawesi Tengah. Adapun jenis lomba yang diselenggarakan antara lain tarik tambang, makan kerupuk, lari karung dan perlombaan menarik lainnya.

  • Apel dan Renungan Suci di TMP Tatura Palu

Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Jln.Basuki Rahmat Palu, hari Sabtu (17/8) 2019.

“Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019 Pukul 24.00 WITA pada upacara peringatan ke 74 hari proklamasi kemerdekaan RI untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan”, ujar Komandan Korem 132/Tadulako saat membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut, Komandan Korem 132/Tadulako selaku Inspektur upacara memberikan penghormatan kepada 88 pahlawan yang bersemayam di Taman Makam Pahlawan dan mendoakan agar para pahlawan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya di sisi Tuhan,”Perjuangan saudara adalah perjuangan kami, jalan kebaktian yang saudara tempu adalah jalan bagi kami juga, kami berdoa Semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan YME serta mendapat tempat yang sewajarnya”,pungkasnya.

Nampak hadir Sekretaris Daerah Prov.Sulawesi Tengah Dr.H.Moh.Hidayat Lamakarate,M.Si, Forkopimda Prov.Sulawesi Tengah, Pejabat Eselon II III IV Provinsi Sulawesi Tengah, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pramuka, PMI, TNI/Polri.

  • Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Duplikat Sang Saka Merah Putih

Memperingati HUT RI ke -74 pada 17 Agustus 2019, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. H. Hidayat Lamakarate, M.Si, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia, di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah. Di panggung kehormatan, hadir para pimpinan Forkopimda Sulawesi Tengah, Pimpinan DPRD dan para pejabat eselon II. Sementara pada sisi lainnya hadir para pejabat eselon III, IV, tokoh masyarakat, tokoh agama serta organisasi kemasyarakatan lainnya.  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan siswa-siswi SLTA yang  mewakili berbagai Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah, sementara komandan upacara berasal dari Perwira Korem 132 Tadulako.

Ratusan pasukan upacara berasal dari tiga Kompi yakni Kompi 1 terdiri dari Ton Korsik Korem, Perwira Pertama Korem 132/Tdl, Perwira Pertama Polda Sulteng, Polisi Militer, Anggota Korem serta anggota TNI AL. Kompi II berasal dari Brimob Polda Sulteng, Polwan Polda Sulteng, Purna Praja IPDN, Kejaksaan Tinggi dan Polisi Pamong Praja. Sementara untuk Kompi III terdiri dari gabungan ASN yang berasal dari masing-masing Biro serta gabungan OPD.

Pada Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tersebut, Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan naskah teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah Dr. Alimuddin Paada.

Peringatan HUT Proklamasi yang ke-74 juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya XXX, XX dan X secara simbolis. Penyerahan SK remisi umum kepada narapidana dan anak pidana 2019, penyerahan hadian pemenag lomba desa dan kelurahan, penyerahan piagam penghargaan kepada pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum terbaik 2019 serta penyematan medali award atlit berprestasi pada kejuruan FPTI kelompok umur XIV-2019 di Kabupaten Tanah Laut-Kalimantan Selatan dan lain sebagainya.

  • Upacara Penurunan Bendera

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah DR.H.Hidayat Lamakarate.M.Si menjadi inspektur upacara Penurunan bendera dalam rangka HUT RI Ke 74 di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jl Samratulangi, Palu,  Sabtu (17/8) petang. Seperti pada saat upacara Penaikan Bendera, Sekprov yang Hadir Beserta Istri HJ.Winiar Hidayat Lamakarate berdiri berjajar bersama jajaran Muspida Sulteng, Antara Lain Wakil Ketua DPRD Sulteng, Alimudin Paada , Wakapolda Sulteng Kombes Polisi Setyo Boedi Moempoeni Harso, hadir juga beberapa Perwira TNI Polri, Serta para Pejabat Eselon II, III dan IV Lingkup Pemprov Sulteng, selain itu nampak juga hadir Istri Ketua DPRD Sulteng Hj.Nurhayati Ponulele.

Dalam upacara sakral ini bentindak sebagai Komandan upacara Penurunan Bendera Pusaka  merupakan personel dari kepolisian  Polda Sulteng berpangkat AKBP. Yaitu AKBP Bangun Ismoro S.H.

Sementara itu, Prosesi pengibaran bendera dalam rangka HUT RI  ini dilakukan oleh Anggota Paskibraka Provinsi Putra Putri terbaik yang berasal dari  Kabupaten /Kota di Sulteng. Tim Paskibraka ini tergabung dalam tim Garuda dan Tim Rajawali, tim Rajawali mendapatkan Tugas untuk Prosesi penururunan Bendera Pusaka. Untuk tim Rajawali, Givrilla Kinanti didaulat sebagai pembawa baki yang merupakan anggota Paskibraka yang berasal dari SMU Negeri 2 Palu. Upacara penurunan bendera dimulai pada Pukul 17.00 Wita, dan berakhir tepat Pukul 17.50. Wita