Gubernur Resmikan Kantor Dinas P2KB : Targetkan Semua Pembangunan Fisik Tuntas Di 2020

Impian pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Provinsi Sulteng memiliki kantor sendiri akhirnya terwujud.

Tepat Selasa siang (28/1), Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si meresmikan kantor baru Dinas P2KB di Jalan Kartini.

Sebagai dinas baru yang dibentuk 2017 silam, Dinas P2KB belum mempunyai kantor tetap.

Kondisi itu membuat pegawai terpaksa sering berpindah kantor bahkan pernah di rumah mantan kepala dinas Abubakar Nophan Saleh sebelum akhirya menempati eks kantor Dinas Cipta Karya.

Padahal tugas yang dipikul tidak main-main sebagai salah satu organisasi perangkat daerah yang menangani urusan wajib nonpelayanan dasar dalam hal ini Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga di Sulteng.

“Alhamdulillah semua bisa dilewati dan selesai berkat kesungguhan kepala dinas dan staf yang mengawal pembangunan gedung ini,” tutur gubernur dalam sambutannya.

Walau Dinas P2KB masih bertipologi C dan ditambah jumlah pegawai belum ideal tidak dijadikan penyebab kinerja kurang maksimal.

“Yang paling penting adalah bagaimana saudara-saudara sekalian sebagai abdi bangsa dan negara melayani masyarakat secara optimal serta berkontribusi mewujudkan ketahanan keluarga,” tambahnya agar bangunan kantor yang megah juga diimbangi dengan karya-karya produktif para pegawai.

Dengan selesainya pembangunan lalu peresmian maka diharap pula dapat menepis tudingan yang mengatakan gubernur hanya fokus membangun infrastruktur (fisik) semata.

Olehnya dalam kesempatan itu, gubernur menyampaikan koreksi bahwa pembangunan fisik baru diporsirnya jelang akhir masa jabatan bukan pada periode awal karena fokusnya bukan di sana.

“Inilah yang saya kebut supaya tidak meninggalkan beban bagi pengganti Saya,” jelas gubernur.

Ia pun menarget pembangunan beberapa aset pemda yang macet seperti gedung wanita, kolam renang di lokasi eks STQ dan kantor dinas lainnya dapat selesai dengan mulus tanpa kendala tahun ini.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi PR bagi pemimpin selanjutnya,” pungkasnya berharap.

Adapun prosesi peresmian diawali penandatanganan prasasti, gunting pita, peninjauan dan ramah tamah.

Turut hadir, Kadis P2KB Sulteng Dr. Ir. Rusdi Bachtiar Rioeh, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc, Karo Humas dan Protokol Drs. Moh. Haris, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng Dra. Maria Ernawati, MM, Wakil Ketua TP-PKK Sulteng Ny. Rusli Dg. Palabbi dan pejabat pemda lainnya.

(Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)