Gabung Sinden, Khofifah dan Hidayat Lamakarate menghibur masyarakat Jawa

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr.H.Moh.Hidayat Lamakarate,M.Si mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas bantuan kemanusiaan bagi warga yang terdampak bencana gempa bumi.

Hal ini disampaikan saat Sekda mengucapkan sambutan selamat datang kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta rombongannya saat hadir bersilaturahmi dengan ratusan warga Jawa Timur yang tinggal di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (12/2/2020) malam.

“semoga bantuan ini dapat mempererat jalinan silaturahmi dan merawat persaudaraan di antara kedua pemerintah dan masyarakat yang dibantu dan membantu, yakni Sulawesi Tengah dan Jawa Timur,”harapnya.

Mendapatkan sambutan hangat masyarakat Jawa malam itu. Gubernur Khofifah mengaku senang, bisa menyapa warganya di perantauan.

“Ada suasana haru lah pasti. Dan saya menyampaikan apresiasi luar biasa karena mereka ‘nguri-uri’ (menghidupkan/melestarikan) budaya Jawa Timur di sini. Mulai tadi MC-nya parikannya itu Jawa Timuran banget, ludruknya juga Suroboyo banget, remonya juga Suroboyo banget, padahal kita sedang di Palu,”kata Orang nomor satu di Jawa Timur.

Ia pun memberikan bantuan seperangkat kostum kesenian jathilan pada Paguyuban Eko Wondoyo, Sulteng. Dia berharap mereka akan terus nguri-uri atau melestarikan kebudayaan Jawa Timur khususnya, dimanapun mereka berada.

Selain itu, Ketua Umum PP muslimat Nadhatul Ulama (NU) tersebut juga memberikan bantuan untuk renovasi balai pertemuan kerukunan masyarakat Jawa, atau pendopo Eko wandowo yang berada di jalan RA. Kartini Kota Palu, sebesar Rp.40.000.000.

“Kita ini ada 714 suku di Indonesia, Alhamdulillah semua guyub. Perbedaan adalah rahmat yang menjadi perekat bangsa kita. Maka saya berharap warga yang merantau di sini bisa terus menjaga itu,” ucapnya.

Terakhir Ia pun mengajak masyarakat Jawa yang hadir untuk bernyanyi Rek Ayo Rek bersama, didampingi Sekda Provinsi Sulteng dengan iringan musik Gamelan.

Nampak hadir Sekda Kota Palu, Forkopimda, Kepala OPD Kota Palu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama.

Ro.Humas Protokol Setda Prov.Sulteng