PMI Kembali Salurkan Bantuan Nontunai, Wagub : PMI Telah Hadir Sejak Tanggap Darurat

Palang Merah Indonesia (PMI) dipercaya untuk menyalurkan bantuan nontunai senilai total 13 Milyar Rupiah bagi 2314 KK dari 12 desa di Kabupaten Sigi yang terdampak bencana 28 September 2018.

Penyerahan simbolis bantuan kepada KK penerima manfaat dihadiri Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen (Purn) Sumarsono, Wakil Gubernur Sulteng H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH dan undangan lainnya pada Jum’at (13/3) di halaman SDN 2 Desa Mpanau, Kabupaten Sigi.

Besar bantuan yang diterima setiap KK via rekening per bulan mencapai 2 Juta Rupiah dan akan diangsur selama 3 kali mulai bulan ini.

Adapun sumber bantuan berasal dari federasi palang merah internasional dan bulan sabit merah.

Akuntabilitas kata ketua bidang penanggulangan bencana adalah prioritas dalam setiap kegiatan PMI supaya bantuan demi bantuan yang disalurkan dapat dipertanggungjawabkan.

“Harapan Saya bantuan nontunai bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar mantan jenderal bintang tiga ini.

Sementara Wagub Rusli pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas bantuan-bantuan yang digulirkan PMI sejak tanggap darurat sampai pemulihan saat ini.

“Banyak hal yang sudah dilakukan PMI dalam membantu tugas pemerintah selama bencana, salah satunya kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana,” tuturnya mewakili gubernur.

“Semoga dapat membangkitkan semangat masyarakat dan dimanfaatkan sesuai tujuannya,” pungkas Ia menambahkan.

Hadir saat itu, Ketua PMI Provinsi Sulteng Dr. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, Ketua PMI Sigi, Sekda Kabupaten Sigi, Forkopimda, OPD dan Kepala Bank Mandiri Cabang Sigi.

(Ro Humpro Setdaprov Sulteng)