Gubernur Hadiri peringatan HUT Bhayangkara Ke-74 Secara Virtual

Ini Tujuh Instruksi Presiden Dalam Rangka HUT Bhayangkara

Dengan mengikuti ptotokoler kesehatan, Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si di 9dampingi Kapolda Sulawesi Tengah, Irjend. Pol. Drs. Syafril Nursal SH, MH, unsur Forkopimda dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta pejabat utama Polda Sulteng mengikuti peringatan hari Bhayangkari ke-74 bertempat di Ruang Rupatama Mapolda Sulawesi Tengah, Rabu 1 Juli 2020.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 dengan mengangkat tema “Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif” secara virtual berlangsung di masing-masing Mapolda se-Indonesia dengan inspektur upacara Presiden Ir. Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Prof. H. Ma’ruf Amin secara virtual dari istana Jakarta.

Mengawali sambutannya, terlebih dahulu Presiden RI, Ir Jokowidodo mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke 72 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia serta apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengorbanan dan sumbangsih kepada segenap jajaran anggota Polri dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam menegakkan hukum serta memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk para prajurit yang gugur dalam tugas semoga diberikan tempat yang mulia disisi Tuhan Yang Maha Esa dan kepada seluruh personil Polri dan keluarganya senantiasa diberikan kesehatan,” sebut Presiden

Menurut Presiden sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah melainkan berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern.

Lebih lanjut Presiden menjelaskan, ancaman stabilitas keamanan perlu diwaspadai terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di akhir tahun 2020 di bulan Desember. ” Hal ini tidaklah mudah namun saya yakin Polri TNI serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas dengan baik,” Ujar Presiden.

Presiden juga menekankan 7 instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri ; pertama terus pegang teguh amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, jaga kehormatan, jaga kepercayaan, jaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua terus melakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel, bangun kerja Polri yang profesional modern dan terpercaya.

Ketiga, terus mantapkan soliditas internal, perkuat sinergi dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin Kompleks.

Keempat, terus terapkan strategi proaktif dan pemanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat

Kelima, terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari covid 19

Dan terakhir kita harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional dengan penuh tanggung jawab

Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo selanjutnya menyapa beberapa Kapolres di Indonesia, diantaranya Kapolres Sabang, Kapolres Pulang Pisau, Kapolres Talaud, Polres Gunung Kidul dan terakhir Polres Marauke.

Biro Humas dan Protokol