Pemprov Sulteng Dorong Bawang Putih Sebagai Komoditas Unggulan Sigi

Pemprov Sulawesi Tengah melalui Sekprov mendorong kelompok petani di Desa Dombu Kecamatan Marawola Barat dan Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah pada umumnya , menjadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan baru sehingga daerah ini dapat menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia selain Nusa Tenggara Barat (NTB)

“Hampir 90 persen bawang putih di indonesia di import, saya berharap dengan panen  perdana ini, bawang putih ini bisa dikembangkan menjadi komoditi unggulan desa dombu dan dibeberapa wilayah di Kabupaten Sigi, sehingga kita tidak kesulitan stok bawang putih dan bisa menekan impor selain itu bawang putih nantinya bisa menjadi komoditas unggulan baru sehingga daerah kita menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di indonesia, karena jika dilihat hasil panen tadi bawang putih disini cukup berkualitas dan bisa dikembangkan Kata Sekprov Hidayat saat mengadiri Panen Perdana Bawang Putih. (04/08/20) Di Desa Dombu Kec Marawola Barat Kab Sigi.

Selain itu sekprov juga mendorong agar nantinya para kelompok tani diwilayah tersebut seiring berjalannya waktu bisa mandiri dalam mengelola pertanian walaupun tanpa pendapingan penyuluh pertanian dan bantuan stimulus pemerintah lagi, karena saat ini kelompok tani masih di berikan stimulus berupa , bibit dan pupuk. dengan nantinya petani bisa mandiri dan bisa mengembangkan pertanian bawang disini maka pemerintah Kabupaten Sigi  harus menetapkan kawasan ini sebagai kawasan pengembangan bawang Putih.

Selain pertanian , menurut sekprov wilayah kecamatan Marawola Barat juga memiliki potensi wisata alam yang sangat menjajnjikan, seperti lokasi paralayang matantimali yang sudah dikenal beberapa negara.

Selain itu Kepala dinas Tanaman pangan dan holtikultura Kab Sigi Mulyadi Hoase mengatakan, bantuan proyek program pengembangan bawang putih ini merupakan sinergi Dinas Tanaman Pangan dan holtikultura Prov Sulteng dan Sigi, total program pengembangan bawang putih di kabupaten  sigi ialah 100 ha dalam bentuk benih meliputi Kecamatan Marawola Barat desa lewara, dombu dan soi.

Usai melakukan Panen Bawang Putih Sekprov Di dampingi Kadis TPH Kab Sigi beserta rombongan dilanjutkan meninjau lokasi pengembangan produk kopi dombu.

Biro Humas Dan Protokol Pemprov Sulteng