Wakil Gubernur Kunjungi Korban Banjir Dolo Selatan

Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Daeng Palabbi SH, MH dengan pengawalan satuan polisi pamong praja dan didampingi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Selasa 15 September 2020.

Wakil gubernur bersama rombongan bertolak dari Kota Palu pukul 10.00 Wita dan mengunjungi Desa rogo Kecamatan Dolo Selatan sekaligus memberikan bantuan kepada korban banjir yang dipusatkan pada posko bencana dan diterima secara langsung oleh Camat Dolo Selatan, Ali Nurdin.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa mie instan, beras, peralatan dapur, tenda, makanan anak, peralatan MCK serta kebutuhan lainnya.

Berdasarkan informasi dari Camat Dolo Selatan Ali Nurdin, daerah yang terdampak di desa rogo yakni pada dusun 1 dan dusun 2 dengan rincian 41 unit rumah rusak berat dan 27 unit rusak sedang sementara pada sektor pertanian, daerah yang terdampak 75 hektar kebun dan 50 hektar persawahan.

Senada disampaikan Kepala Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Fuadhudin dalam laporannya menyatakan jumlah warga yang terdampak sebanyak 68 KK atau 231 jiwa dan sangat memerlukan bantuan berupa excavator untuk normalisasi Sungai Pulo, logistik, popok balita dan lansia, pakaian layak pakai, dapur umum, air bersih dan lain-lain.

Adapun kerugian dari warga masyarakat pada Dusun 1 dan 2 yakni ; lansia 37 orang, balita, 12 orang, bayi 10 orang dengan rumah terdampak sebanyak 60 rumah.

Sebelum meninggalkan lokasi banjir di Desa Rogo, Wakil gubernur berpesan kepada aparat desa untuk menyalurkan bantuan yang telah diserahkan kepada mereka yang berhak dan tertimpa bencana sekaligus meminta kepada masyarakat korban banjir kiranya bersabar atas musibah yang terjadi

Rombongan selanjutnya menuju ke desa walatana Kecamatan Dolo Selatan yang juga merupakan daerah terparah akibat banjir bandang.

Sebelum menuju ke pusat lokasi korban banjir terlebih dahulu wakil gubernur beserta rombongan melayat salah satu korban banjir yang meninggal dunia bernama Alm. Abdul Hamid yang berusia sekitar 60 tahun

Menurut salah satu keluarga korban, almarhum meninggal tersapu banjir ketika berada di areal persawahan miliknya.

Dari rumah duka rombongan wakil gubernur kembali melanjutkan perjalanan ke Desa Walatana serta menyerahkan bantuan yang dipusatkan pada lokasi huntara dengan jumlah korban, 26 orang kepala keluarga atau 127 jumlah jiwa sementara rumah yang rusak sebanyak 17 unit.

Jumlah rombongan tim Wakil Gubernur yang melakukan kunjungan dan bantuan ke Desa Rogo dan dan Desa Walatana berjumlah 9 unit armada mobil.

Tim rombongan terdiri dari Satpol PP, BNPB, Dinsos, Dinkes, PU Bina marga, BWSS serta tim dari Biro Humas dan Protokol.

Banjir bandang melanda Desa Rogo dan Desa Walatana Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi tepatnya pada hari Senin, 14 September 2020 sekitar pukul 21.30 Wita akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang mengakibatkan meluapnya sungai Pelu dan mengakibatkan banjir bandang yang merusak sejumlah pemukiman rumah warga, jalan raya, jembatan, hewan peliharaan serta sektor pertanian.

Biro Humas dan Protokol