Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si. melakukan Ground Breaking Semelter Galena dan Nikel PT. Trinitan Metals and Minerals, Tbk. Di Kawasan KEK. Rabu, 28 Oktober 2020

Direktur Utama PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah , H. Mulhanan Tombolotutu, SH. Menyampaikan bahwa Perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus Palu mengalami perkembangan sangat Pesat  diawali dari Tahun 2014 Kawasan ini adalah kawasan industri yang dibina langsung kementrian Perindustrian dan pada Tahun 2017 kawasan ini ditingkatkan menjadi KEK , Selanjutnya pada Tahun 2020 KEK Palu di Resmikan Menko Perekonomian, 

Mulhanan Tombolotutu juga menyampaikan sudah ada 38 Tenan yang berinvestasi di Kawasan KEK , dan hari ini kita bisa Ground Briking Perusahaan yang berskala besar yaitu pembangunan Smelter Galena dan Nikel di Kawasan Ekonomi Khusus PT. Trinitan Metal and Mineral , Tbk. dan Kemudian 6 Perusahaan Besar akan menyusul juga membangun Smelter di Lokasi KEK.

Selanjutnya Direktur PT. Trinitan Metal and Mineral , Tbk. Widodo Sicipto , menyampaikan bahwa PT. TMM didirikan sejak tahun 2009 dan dalam waktu 10 Tahun berkembang sangat cepat baik dari sisi fasilitas , Sertifikasi dan Seles dengan penguasaan teknologi membuat produk TMM mampu mensupply kebutuhan industri Dengan Koor bisnis , Industri otomotip, Industri Kabel, Industri kabel, industri plastik , industri karet dan industri perhiasan dan saat ini kami berinvestasi di Palu merupakan bagian dari komitmen PT. Trinitan Metals and Minerals, Tbk. untuk ikut berkontribusi untuk membangun bangsa indonesia.

Direktur Perencanaan, jasa dan kawasan Badan Koordinasi Penanaman Modal RI , Nur Fuad , menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. Trinitan Metals and Minerals ,Tbk.yang sudah berkomitmen untuk berinvestasi di Kawasan KEK , demikian juga ucapan terimakasih kepada pemerintah propinsi yang sudah menfasilitas dan memberika. Kemudahan untuk berinvestasi di KEK sehingga Ground Briking Smelter Galena dan Nikel PT . Trinitan Metals and Minerals, Tbk. 

Nur Fuad , juga menyampaikan bahwa sejak berdirinya Kawasan Ekonomi Khusus Sulawesi Palu dari tahun 2014 sampai dengan saat ini kita sudah melihat perkembangan KEK Palu dan sampai dengan TW II ini Sulawesi Tengah daerah Investasi terbesar ke 3 di Indonesia .

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si. Menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya Ground Breaking Smelter Galena dan Nikel PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk hal ini merupakam aktualisasi hasil penandatangan kerjasama antara PT. Trinitan Metals and Minerals dengan PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah tanggal 16 september 2020 dimana dalam poin Kerjasama tersebut dimana PT. BPST akan menyediakan lahan seluas 200 ha. 

Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa Pabrik Smelter ini akan beroperasi tahun 2021 dengan memanfaatkan teknologi Hidrometalurgi Step Tempratur acid Leach ( STAL) yang diklaim sebagai tehnologi ramah lingkungan dan murah dari sisi investasi dibanding tehnologi pemurnian Nikel Lainnya seperti High Pressure Acid Leach (HPAL) .

Gubernur juga menyampaikan bahwa KEK Palu memiliki Posisi sangat strategis sebagai pintu utara yang lebih dekat ke negara negara tujuan Eksport , Asia Timur seperti jepang Korsel dan tingkok , Gubernur juga menyampaikan bahwa KEK Palu telah mendapat pengakuan ditingkat nasional sebagai kawasan Ekonomi Khusus Terbaik di Indonesia .

Gubernur juga menyampaikan bahwa bahwa Investasi PMA yang masuk ke Sulawesi Tengah Tahun 2019 mencapai 6,7 Triliun rupiah atau 477 Juta USD dan PMDN mencapai 2,3Triliun Rupiah hal ini menunjukkan bahwa Sulawesi Tengah merupakan Daerah Investasi Terbesar di Wilayah Indonesia bagian Timur dan Daerah terbesar Ke Lima di Indonesia .

Gubernur pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. Trinitan Metals and Minerals , Tbk. yang sudah berinvestasi di Kawasan KEK Palu dan mengucapkan kepada seluruh Tenan yang sudah berinvestasi di Kawasan KEK Palu dan Saya bertrimakasih kepada PT. Trinitan Metals and Minerals , Tbk yang berkomitmen akan mengutakan Tenaga Kerja dari Masyarakat Korban Bencana dan Terakhir Gubernur dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim  Ground Brekings Smelter Galena dan Nikel di Kawasan KEK Palu saya Nyatakan Resmi di Mulai  dan kita Doakan semoga berjalan dengan baik dan kita yang datang sekarang dapat kita kumpul kembali dalam Pengoperasian Smelter PT. Trinitan Metals and Menerals, Tbk.

Biro Humas dan Protokol