Kampung BPKH Diresmikan : Usung Konsep Ramah Gempa, Sehat dan Nyaman

Pemerintah Provinsi Sulteng mengapresiasi peresmian program kemaslahatan Kampung Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), di Kabupaten Sigi dan Donggala pada Selasa (2/2).

Kehadiran kampung diharapkan dapat membantu dan memulihkan penyintas gempa Pasigala lewat konsep hunian ramah gempa, sehat dan nyaman.

BPKH yang menggandeng Yayasan Daarut Tauhid Peduli dan Rumah Zakat berhasil membangun 93 rumah untuk 93 KK (262 jiwa) di Desa Sibalaya Utara, Sigi dan 100 rumah untuk 100 KK (385 jiwa) di Desa Lero, Donggala.

“Semoga program bagi umat ini dapat terus membangkitkan semangat zakat untuk mengentaskan masalah-masalah sosial dan memberdayakan umat lewat kegiatan ekonomi produktif (khususnya) di masa pandemi,” harap Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH membacakan sambutan tertulis gubernur pada peresmian kampung BPKH secara virtual.

Lebih lanjut Ia berharap yayasan Daarut Tauhid Peduli selaku mitra BPKH dalam pembangunan kampung tersebut tetap menjaga amanah, bekerja dengan jujur, profesional dan berlandaskan ukhuwah.

“Sesuai misinya memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi, pendidikan, dakwah dan sosial menuju masyarakat mandiri,” wagub menekankan.

Pada kesempatan itu, Ketua Yayasan DT Peduli Gatot Kunta Kumara melaporkan bahwa di dalam kampung BPKH tersedia fasilitas-fasilitas penunjang seperti masjid, griya sehat, air bersih dan taman manasik haji.

“Semoga dengan pembangunan hunian (kampung BPKH), warga yang terdampak bisa merasakan suasana baru dan menjadi komunitas yang mencari ridho Allah SWT,” Ia mengharapkan.

Sementara Kepala BPKH Dr. Anggito Abimanyu menuturkan bahwa BPKH selaku lembaga penghimpun dana keuangan haji selama ini bekerja menyalurkan dana umat Islam untuk kegiatan sosial kemanusiaan termasuk merespon bencana alam seperti gempa Pasigala.

“Semoga ini bisa sustainable (berkelanjutan) dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat penerimanya,”ungkapnya.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene secara virtual oleh wagub bersama stakeholder kampung BPKH.

Turut menghadiri acara, Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH, Sekda Sigi Muh. Basir, SE, MP, CEO Rumah Zakat Nur Efendi dan unsur terkait.

(Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)