Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas Se-Sulawesi Tengah

Pj. Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Baco Dg. Palabbi, S.Sos.,S.H.,M.H, didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Ir. H. M. Faisal Mang, M.M dan Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Masyarakat Dra. Hj. Siti Hasbiah Zaenong, M.Si, yang diikuti oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Bupati/Wali Kota, Kesra, Kepala OPD, Pengurus Baznas Kabupaten/Kota mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Sulawesi Tengah secara Virtual diruang Video Converence (VIDCON) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Rabu, (10/03/21).
Pada pertemuan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Dr. Rusman Langke, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa “Zakat merupakan salah satu implementasi dari asas keadilan dalam sistem ekonomi Islam. Dan tujuan utama Zakat adalah mencapai keadilan sosial ekonomi dengan ukuran tertentu yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan”.ungkapnya
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Baco Dg. Palabbi, S.Sos.,S.H.,M.H, menyampaikan bahwa “saya menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas Se-Sulawesi Tengah dalam rangka pembahasan poin-poin penting terkait Program Kerja Organisasi dan Pengurus masing-masing demi mementingkan gagasan konstruktif persamaan persepsi signivitas Visi, Misi, dan pengelolaan Zakat yang professional dan inovatif yang akan meningkatkan peran serta kedudukan Baznas Sulawesi Tengah dalam pengelolaan zakat dan pemberdayaan ekonomi umat dan ikut serta dalam memberikan solusi kongkrit dalam dampak Covid-19”.
“Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan Masyarakat Sulawesi Tengah yang sejahtera yaitu dengan cara optimalisasi pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011, tentang pengelolaan Zakat. Zakat tentunya diketahui dalam sejarah, mampu merubah status masyarakat yang tidak berdaya menjadi berdaya”.
“Data juga menunjukan bahwa pengelolaan Zakat baik ditingkat Nasional maupun Provinsi, Kabupaten/Kota dapat disinergikan dengan program-program Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan”.
Untuk itu, pengelolaan Zakat di Sulawesi Tengah khususnya aspek pengumpulan Zakat dihimbau bagi seluruh OPD dan Unit Kerja Lingkungan Pemerintah Sulawesi Tengah mengumpulkan Zakat atau Infaq kepada para pegawai di Unit Kerja menyetor kepada Baznas Sulawesi Tengah disetiap bulanya.

PISKP KOMINFO PROV. SULTENG