Kemendagari Siap Kolaborasi dan Koordinasi Untuk Kemajuan ASKOMPSI

Surabaya, ASKOMPSI – Kami siap melakukan kolaborasi, siap mendukung, siap koordinasi untuk kemajuan Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI). Hal ini dikatakan Direktur Sinkronisasi Urusan pemerintahan Daerah II Kementerian Dalam Negeri, Iwan Kurniawan saat membuka Rapat Rapat Konsultasi dan Musyawarah Nasional Luar Biasa ASKOMPSI di Hotel Golden Tulip Kota Batu, Jumat (9/4/2021).

Lebih lanjut Iwan mengatakan, kami juga siap menerima rumusan-rumusan dari hasil rapat konsultasi ini, yang nantinya akan kami teruskan menjadi salah satu surat kebijakan.

“Saya berharap ASKOMPSI bisa memberikan masukan, merumuskan, merencanakan, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap beberapa kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, baik pemerintah Pusat, provinsi maupun kabupaten Kota. Hasil rumusan tadi bisa disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri Kominfo, dan Menkopulkam selaku pembina yang selanjutnya nanti bisa dibawa ke Musrenbang Provinsi atau Nasional.

Ditambahkan Iwan, pelaksanaan rapat Konsultasi ini sangat tepat dilaksanakan di bulan April dimana kita akan menghadapi satu proses yang sangat strategis di dalam peningkatan kualitas perencanaan sinkronisasi pusat dan daerah.
“Nanti kami akan berkoordinasi dengan teman-teman di Kementerian Kominfo, Kemenkopulkam dan Bapenas untuk merumuskan beberapa kebijakan yang memang menjadi kebijakan nasional,” jelas Iwan.

Salah satu tugas kami, tambah Iwan, adalah merumuskan kebijakan, kemudian mengimplementasikan kebijakan, melakukan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pusat dan daerah.

“Namun demikian, kebijakan nasional tidak mungkin bisa dilaksanakan dan tidak akan mungkin tercapai targetnya tanpa ada kontribusi dari kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan oleh provinsi maupun kabupaten kota. Untuk itu sangat penting adanya sinkronisasi dan harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah,” pungkas Iwan.(Diskominfo Prov Jatim/non)

Admin Jawa Timur