Biro Pengadaan Barang/Jasa Sulawesi Barat kunjungan kerja ke Biro Pengadaan Barang/Jasa Sulawesi Tengah

Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM dan percepatan pelaksanaan pengadaan barang jasa pemerintah provinsi sulawesi barat melalui Biro Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kunjungan kerja pada Biro Pengadaan Barang Jasa Sekretriat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, kamis 3 Juli 2021.

Bertempat di ruangan Pelatihan Biro Pengadaan Barang Jasa Sekretarit Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Andi Ruly Djanggola, SE, M.Si selaku Plt. Kepala Biro PBJ Setdaprov Sulawesi Tengah menerima kunjungan kerja rombongan Tim Biro Pengadaan Barang Jasa (PBJ) Setdaprov Sulawesi Barat yang dipimpin oleh plh. Kepala Biro PBJ Sulawesi Barat ibu Iriani Fahri, SH

“Tujuan kami melakukan kunjungan kerja pada Biro PBJ Setdaprov Sulawesi Tengah untuk belajar tata kelola pengadaan barang jasa yang meliputi : sharing perencanaan pengadaan barang/jasa, pemenuhan standar Layanan Pengadaan Secara Elektornik, pemenuhan level kematangan unit kerja pengadaan barang jasa (UKPBJ), perencanaan dan pengembangan SDM UKPBJ serta pola layanan advokasi yg dilakukan oleh Biro PBJ Setdaprov Sulawesi Tengah ungkap plh. Kepala Biro PBJ Sulawesi Barat”

Lebih lanjut, plh. Karo PBJ Sulawesi Barat menyampaikan bahwa bencana alam yang terjadi di Sulawesi Barat di awal tahun bulan Januari mengakibatkan kerusakan parah pada infratsruktur sarana prasarana Biro PBJ Setdaprov Sulawesi Barat, “Bangunan, PC, dan Peralatan standar PBJ rusak berat, hanya server utama dapat difungsikan kembali sehingga layanan pengadaan dapat terus dilaksanakan yang saat ini dititip pada Dinas Kominfo Sulbar, ujar Ibu Iriani

Disambut dengan Ucapan Selamat Datang, Plt. Biro PBJ Setdaprov Sulawesi Tengah juga memaparkan status level kematangan yang telah dicapai UKPBJ Sulteng yaitu status level 3 proaktif, dan dibulan maret 2021 Biro PBJ Sulawesi Tengah telah menerima sertifikasi 17 Standar LPSE 2014 yang diterbitkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) selaku pembina penyelenggaraan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) ungkap Andi Ruly.

Selain standar layanan pengadaan yang telah dilaksanakan, Biro PBJ Setdaprov Sulawesi Tengah juga terus berupaya utk meningkatkan standar pelaksanaan pengadaan sesuai hasil monitoring Tim Monitoring Korsupgah KPK RI guna pemenuhan Stranas Pencegahan Korupsi dimana masih perlu pembenahan pada indikator pengendalian dan pengawasan pengadaan barang jasa.

Diakhir pertemuan kunjungan kerja tersebut, Biro PBJ Sulawesi Tengah memberikan beberapa produk hukum yang telah dibut dan dilaksanakan antara lain SOP Advokasi Penyelesian Sengketa PBJ, SOP 17 Standar LPSE 2014, Renja dan Renstra Biro PBJ untuk menjadi referensi peningkatan layanan pengadaan barang jasa di Provinsi Sulawesi Barat serta pertukaran Cinderamata dari masing-masing provinsi.

Plt. Biro PBJ Setdaprov Sulteng