Sekda Prov. Sulteng Buka Rakor KPA Provinsi dan Kab/Kota se-Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekda Prov. Sulteng H. Mulyono, SE., AK., MM, di dampingi Kadis Kesehatan diwakili Sekretaris Kesehatan Alfina A.Deu, S.KM.,M.Si, dan Sekretaris KPA Dr. Muslimah L. Gadi, M.Si Mengikuti Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi dan Kab/Kota se-Sulawesi Tengah secara Virtual di Ruang Video Converence (Vidcon) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. (Rabu, 9/6/21).

Sekretaris KPA Dr. Muslimah L. Gadi, M.Si dalam Laporanya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam penanggulangan HIV-AIDS selama Covid-19, anggota KPA mengetahui perkembangan HIV-AIDS di Sulawesi Tengah, anggota KPA Kab/Kota mengetahui peranya dalam upaya meningkatkan pengendalian HIV-AIDS di Daerah berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada masa pandemi Covid-19, adanya sinergitas perencanaan pengendalian HIV-AIDS di Provinsi dan Kab/Kota, meningkatnya aktifitas KPA Kab/Kota.

Rakoor ini mengangkat tema : Akselerasi percepatan penanggulangan AIDS di masa Pnademi Covid-19 melalui kolaborasi dan peningkatan solidaritas menuju masyarakat yang sehat dan mandiri agar dapat berdaya saing dengan Provinsi lainya di Indonesia.

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekda Prov. Sulteng H. Mulyono, SE., AK., MM, membacakan sambutan gubernur sekaligus membuka kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi jajaran Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi dan Kab/Kota, Ombudsman perwakilan Provinsi dan bekerja secara tim dengan semboyan “One Time One Spirit”  yang tetap konsisten dalam menanggulangi epidemi HIV-AIDS di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam rangka pengendalian HIV-AIDS diperlukan keterlibatan Multisektoral baik pemerintah, organisasi profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) peduli AIDS, dunia usaha dan masyarakat yang dikoordinir oleh KPA baik ditingkat Provinsi maupun Kab/Kota.

Data Dinkes Prov. Sulteng menyebutkan penemuan kasus HIV secara kumulatif Tahun 2002 s/d Desember 2020 berjumlah 2. 178 kasus HIV, jumlah kasus yang terungkap baru mencapai 57 % dari estimasi kasus HIV di Provinsi Sulawesi Tengah sejumlah  kurang lebih 4. 702 kasus.

Diharapkan agar Dinkes Prov. Sulteng untuk menindaklanjuti dengan merencanakan kegiatan sesuai petunjuk SPM dalam rangka pencapaian target,  Sekretaris KPA Provinsi dan Kab/Kota agar aktif melakukan Koordinasi dengan OPD terkait, dan OPD terkait mengintegrasikan kegiatanya dalam penanggulangan AIDS sesuai tupoksi masing-masing.

Melalui Koordinasi dan kerja sama yang baik dengan memperkuat kolaborasi, meningkatkan solidaritas, akan bisa menekan laju perkembangan Epidemi HIV-AIDS Menuju 3 Zeroes : Zero New HIV Infection, Zero Stigma and Discrimination, Zero AIDS Related Death.

Turut hadir : Ketua KPA Kab/Kota, Kepala OPD Kab/Kota, Sekretaris KPA Kab/Kota.

*DKIPS PROV. SULTENG*