Kabid Aptika Ikuti Rakor Program Nasional Literasi Digital Secara Virtual.

Kadis Kominfo diwakili Kabid Aptika Ahfan, SE., M.Si ikuti Rapat Koordinasi Program Nasional Literasi Digital secara Virtual di Ruang Kerja Aptika Diskominfo (Kamis, 17/6/21).

Subdirektorat Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian (KISP) Dr. Ucup Hidayat, MM dalam paparanya menyampaikan peran Pemerintah Daerah dalam mendukung Transformasi  Digital sesuai dengan kewenangan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Ada beberapa hal dalam urusan Informatika ini adalah pertama, pengelolaan e-goverment di lingkup Pemerintah Daerah. Kedua, pengelolaan nama domain yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan sub domain dilingkup Pemerintah Daerah. Katanya

Permen No. 17 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 tentang pelaksanan  Dinas Kominfo menyusun rencana kerja pemerintah sesuai dengan pedoman terkait urusan konkuren bidang Kominfo yang salah satunya adalah jumlah masyarakat yang mengikuti kegiatan Literasi Digital atau Program Pelatihan Bidang Digital yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah.

Dirjen Aptika Samuel A. Pangerapan juga menyampaikan bahwa lanskap pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 202,6 juta jiwa, penguna aplikasi What’s App 87,7 %, nonton YouTube 93,8 %, Madia Sosial 86,6 %, kemudian karena adanya Pandemi, terjadi adanya peningkatan yang sangat tajam banyak yang bertransaksi online yang mencapai 159 Juta atau 78.7 %.

Beliau juga menjelaskan selain adanya peluang, namun ada pula masalah yang dihadapi yakni, maraknya penipuan online. Di tahun 2020 yang telah melapor mencapai 175. Laporan penipuan online. Jelasnya dalam paparanya.

Program Literasi Digital #MAKINCAKAPDIGITAL akan dilangsungkan di 34 Provinsi dan 514 Kab/Kota. Rata-rata kegiatan per bulan 2.064 Webinar, target peserta per bulan 1. 250.000 orang peserta. Dengan program Pelatihan Kelas Siberkreasi Cakap Digital Dasar untuk masyarakat umum  dan Kelas Siberkreasi berdaya untuk masyarakat daerah 3T dan perbatasan, Siberkreasi Netizen Fair, Kelas Podcast Siberkreasi. Dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan sosialisasi dinas dan Pemda setempat.

Turut hadir : KISP Bangda Kemendagri, Dirjen  Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Diskominfo Provinsi, Kab/Kota se-Indonesia.