Asisten II buka Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Daerah dan Ujian Sertifikasi Angkatan II Tahun 2021

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten II  Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc didampingi Kabid Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolah Kelembagaan Moh. Fadhly, SH., M.Si, Kabag Pengelolaan LPSE Biro PBJ Fahrudin, ST., M.Si, Kasubid Sertifikasi Kompetensi BPSDM   Santi Rahmawati, S.IP mengikuti kegiatan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Daerah dan Ujian Sertifikasi Angakatan II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021 secara Virtual di Ruang Video Converence (Vidcon) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. (Selasa, 22/6/21).

Moh Fadhly, SH., M.Si dalam laporanya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi pegawai di Bidang Pengadaan Barang/Jasa berdasarkan Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kegiatan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi ini berlangsung selama 11 hari, dimulai pada hari ini Tanggal 22 Juni s/d 03 Juni 2021, dengan rincian : 8 hari, belajar mandiri melalui Aplikasi E-Learning PBJ LKPP, 2 hari tatap muka di Ruang Kelas BPSDM dengan fasilitator PUSDIKLAT PBJ, 1 hari Ujian Sertifikasi diakhir Pelatihan pada tanggal 03 Juli 2021. Peserta terdiri dari 34 orang peserta yang berasal dari 24 Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Asisten II Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc , membacakan sambutan Gubernur menyampaikan peningkatan, percepatan, pembangunan dan kualitas pelayanan publik melalui pelayanan yang bersih dan profesional harus didukung dengan ASN yang berkempeten dibidangnya.

Salah satu latar belakang munculnya Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang PBJ Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat dan juga terus berupaya meningkatkan tata kelola pemerintahan serta pemanfaatan teknologi peningkatan logistik dengan kebijakan penggunaan produk dalam negeri.

Pengadaan Barang/Jasa adalah salah satu bidang yang menjadi perhatian pemerintah Provinsi Sualwesi Tengah, dalam Sumber Dana Pembangunan APBD dan APBN melalui Dana Alokasi khusus sekitar 494 Miliyar atau 11,64 % dari total 4 Triliun APBD Sulawesi Tengah dalam struktur belanja modal yang dikelola lewat pengadaan barang/jasa.

“Pelatihan ini menjadi hal penting dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada BPSDM PBJ”. Ucap Asisten II Elim Somba.

Turut Hadir : Direktur LKPP, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa, Kepala BPSDM, Kepala Perangkat Daerah, Widyaiswara BPSDM, Pejabat Struktural dan Fungsional BPSDM, Pejabat Struktural dan Fungsional BPSDM Kota Palu, Fasilitator PUSDIKLAT PBJ LKPP dan Fasilitator Internal PBJ.

*DKIPS PROV. SULTENG*