Kepala Dispusarda Sulteng Buka Kegiatan Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Andi Hajidin, SE., M.Si membuka secara resmi kegiatan Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 202. Kegiatan tersebut bertempat di Jazz Hotel Palu Provinsi Sulawesi Tengah. (Senin, 28/6/21).

Dr. Rohani Mastura M.Si dalam laporanya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar menumbuh kembangkan  kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap strategi daerah baca melalui berbagai bacaan yang ada dalam struktur, mengangkat dan penghubung cerita budaya daerah lokal yang mengandung nilai-nilai kritikan, mencari bibit-bibit generasi muda yang dapat menjadi panutan bagi teman-temannya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yang terhitung dari tanggal 28 Juni 2021 s/d 29 Juni 2021 yang bertempat di Jazz Hotel Palu.

Kabupaten yang melakukan registrasi meliputi ; Kota palu, Kab. Sigi, Kab. Donggala, Kab. Poso, Kab. Toli-toli, Kab. Buol, Kab. Morowali, Kab. Morowali Utara.

“Dalam pelaksanaan lomba ini setiap peserta akan menyampaikan satu buah cerita lokal yang bersumber dari daerah Sulawesi Tengah dengan durasi maksimal 15 menit dan di tandai dengan lampu hijau menandakan dimulainya cerita, Lampu kuning menandakan bahwa memasuki 10 menit dan lampu merah menandakan waktu bagi peserta. Selanjutnya, dewan juri akan memberikan komentar, baik saran dan masukan kepada para peserta” Jelas Rohani Mastura.

Dewan juri yang melaksanakan penilaian terhadap peserta lomba berjumlah tiga orang yang masing-masing memiliki keahlian yakni, Psikolog Anak, Penggiat Literasi dan Penulis Cerita Rakyat Sulawesi Tengah.

Pada Pertemuan tersebut, Kepala Dispusarda Sulteng Andi Hajidin, SE., M.Si dalam sambutan nya menyampaikan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan budaya baca masyarakat melalui tugas dan fungsinya sebagai institusi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara profesional guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi para pemustaka.

“Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021 merupakan upaya meningkatkan literasi khususnya bagi adik-adik peserta lomba yang nantinya berimbas pada meningkatnya kualitas hidup dan kesejahteraan dimasa yang akan datang”. Jelasnya pada pertemuan tersebut.

Perpustakaan memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan pembangunan daerah, sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa perpustakaan dan kearsipan menjadi salah satu urusan wajib pemerintahan non pelayanan dasar yang tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap dalam proses pembangunan yang di laksanakan. Namun, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya berharap kegiatan ini benar-benar melahirkan peserta terbaik melalui seleksi yang dilakukan oleh para dewan juri” Ucap Andi Hajidin

Turut hadir : Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kab/Kota, Pejabat Eselon III dan IV, Pejabat Fungsional, Panitia Pelaksana, Pendamping dan Peserta Lomba.

*DKIPS PROV. SULTENG*