Gubernur Sulteng Hadiri Acara Puncak Peringatan Haul Guru Tua Yang Ke-54.

Palu, Sulawesi Tengah. Pengurus Besar Al-Khairaat Palu melaksanakan Peringatan Acara Puncak Haul Habib Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie atau Guru Tua yang merupakan salah satu ulama terkemuka di Sulawesi Tengah dan juga selaku pendiri Al-Khairaat. Bertempat di Kompleks Al-Khairaat Sis Al-Djufrie Palu. Sabtu, (14/5/2022)

Haul Guru Tua merupakan sebuah peringatan wafatnya Habib Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie atau yang dikenal dengan Guru Tua yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Peringatan Haul Guru Tua yang juga dirangkaikan dengan Festival Raodhah Tahun 2022 telah berlangsung kurang lebih selama 4 hari, yang dimulai pada Rabu, 11 Mei 2022 sampai dengan Sabtu, 14 Mei 2022.

Dalam sambutanya, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah adalah tanah yang dipilih oleh Habib Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie sebagai tempat bagi pusat pengembangan misi dakwah, melepas umat dari keterbelakangan dan ketertinggalan menuju kecerdasan dan pencerahan.

“Kita semua berkumpul ditempat ini yang rela datang dari berbagai tempat untuk menunjukan rasa cinta kepada guru kita, panutan kita Habib Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie” Ucap Gubernur diawal sambutanya

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa sebagai Abnaul Khairaat kita tidak boleh hanya sekedar menunjukkan rasa kagum atas apa yang telah di rintis oleh Habib Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie akan tetapi, kita harus terus melanjutkan perjuangan beliau yang menjadi pencerah di tengah-tengah umat.

“Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie bagi saya bukan sekedar ulama biasa, tapi beliau ada sang pencerah bukan hanya untuk Al-Khairaat tetapi juga bangsa dan negara.” Tambah Rusdy Mastura

Pada tahun 1969, Habib Sayid Idrus Bin Salim Al-Djufrie sudah membangun 420 cabang pendidikan. Oleh karena itu, dengan semangat misi dakwahnya, kini lembaga pendidikan Al-Khairaat dari jenjang masyarakat sampai perguruan tinggi yang terus bertumbuh bukan hanya di Sulawesi Tengah namun, di seluruh pelosok negeri.

“Sebagai Gubernur saya mendukung penuh beliau menjadi pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah.” Terang beliau

Turut hadir : Ketua Utama PB Al-Khairaat, Gubernur Maluku Utara, Gubernur Kalimantan Utara, Wakil Walikota Palu, Unsur Forkopimda, Ulama, Abnaul Khairaat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan elemen masyarakat se-Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.