Peringati Harkitnas Ke-114 : Kominfo Sulteng Gelar Upacara Bendera.

Palu, Sulawesi Tengah. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang Ke- 114 Tahun 2022, Bertempat di Halaman Kantor Dinas Kominfo Sulawesi Tengah. Jumat, (20/5/2022)

Pada kesempatan itu, Kadis Kominfo Dra. Novalina, MM selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Kominfo RI menyampaikan bahwa momentum Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama”. Olehnya, Peringatan Harkitnas ini hendaknya tidak hanya sebagai seremonial semata tetapi, mari memahami sisi historis dibalik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Ayo bangkit bersama melalui Hari Kebangkitan Nasional, agar kita bangkit dari pandemi yang sudah melanda selama 2 tahun terakhir ini.” Ucap Kadis Kominfo

Tujuan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang Ke- 114 Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan serta mempercepat pemulihan bangsa dari pandemi Covid-19.

Selanjutnya, momentum ini juga dengan peran Indonesia sebagai presedensi G20 tahun 2022, yang mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan untuk memberikan semangat baru dalam tatanan dunia yang dapat kesejahteraan dan kemakmuran inklusif serta menjamin keberlangsungan kehidupan di masa depan.

“Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini.” Ujar Beliau

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa ditengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina dan Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geo politik menjadi tidak stabil, olehnya kita patut memaknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai upaya untuk memperkuat kesatuan bangsa.

Perekonomian indonesia pada Tri Wulan 1 tahun 2022, mengalami pertumbuhan sebesar 5,01%, sisi produksi mengalami pertumbuhan tinggi yakni ; sektor usaha transportasi dan pergudangan naik 15,79%, sektor jasa-jasa lain naik 8,29%, sektor informasi dan komunikasi naik 7,14%.

“Mari kita terus bekerja keras dan bersinergi, menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.” Harap beliau

Upacara bendera tersebut diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon III dan IV, Staf ASN dan Honorer lingkup Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.