Natal Korpri 2020 Terapkan Adaptasi Normal Baru : Gubernur Harap Umat Taati Pedoman Ibadah di Tengah Pandemi

Perayaan Natal Korpri lingkup Provinsi Sulteng tahun 2020, Sabtu (19/12), di pogombo, berjalan khidmat dengan mengadaptasi kebiasaan normal baru guna mencegah penularan Covid-19.

Nampak hadir mewakili gubernur, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc, Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Dr. Zubair, M.Si dan para kepala OPD provinsi beragama Kristen.

“Saya harap tidak mengurangi esensinya dan semoga insan Korpri yang melaksanakan dapat merasakan penyertaan dan pemeliharaan Tuhan sebagai sang penerang dalam jiwa,” kata Asisten Elim Somba yang membaca sambutan gubernur.

Dengan keluarnya pedoman tata cara ibadah dan perayaan natal 2020 di tengah pandemi oleh Kementerian Agama RI maka asisten mengimbau supaya umat lebih sabar dan bersedia menjalankannya demi memutus mata rantai virus.

Ia pun mewanti ASN agar tidak memaksakan diri beribadah di gereja apabila jumlah jemaat sudah mencapai batas dan jika merasa kurang sehat atau menderita penyakit.

Kepada penyelenggara ibadah juga diminta melakukan dan mengawasi protokol kesehatan sejak sebelum acara, saat acara dan usai acara supaya gereja steril dari penularan Covid-19.

“Juga diharapkan dapat menyiarkan setiap prosesi natal (dari gereja) secara virtual,” imbuh asisten seperti panitia natal korpri yang menyiarkan acara ini secara virtual.

Di bagian lain dari sambutan, ASN diminta mampu mensinergikan nilai-nilai spiritual natal dan Panca Prasetya Korpri sebagai kekuatan moral guna melahirkan karya pengabdian dan pelayanan prima khususnya di masa pandemi.

“Sehingga kesehatan masyarakat dapat pulih dan ekonomi daerah dapat bangkit kembali,” harapnya.

Ia juga mengharapkan semoga ASN yang masih dirawat atau diisolasi karena Covid-19 dapat lekas pulih untuk berkumpul dengan keluarga melaksanakan natal

“Semoga pandemi ini segera diangkat dan berakhir, serta ASN yang telah direnggutnya semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya,” pungkas asisten.

Sebelumnya, ketua Korpri melalui sekretaris berharap agar peserta dapat menghayati dan menuangkan nilai-nilai natal guna meningkatkan kinerja dan peran serta sebagai ASN.

“Sehingga semangat beragama dapat diselaraskan dengan semangat mengabdi untuk berkontribusi, melayani dan mempersatukan bangsa,” harapnya.

Terkait pencegahan Covid-19, Ia mengimbau ASN agar jadi pelopor disiplin protokol kesehatan mulai dari lingkungan kantor, keluarga dan masyarakat.

“Hanya dengan saling menjaga, saling membantu dan saling mengingatkan satu sama lain, baru lah kita (ASN) dapat berkontribusi mengatasi dampak pandemi secara komprehensif,” ujarnya berpesan.

Menurut ketua panitia Dr. Yopie Patiro, MH tujuan Natal Korpri adalah untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di kalangan ASN beragama Kristen.

Sedang temanya mengikuti tema nasional yang dirilis oleh Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Meski waktu persiapan diakuinya sangat mepet tapi secara keseluruhan kehadiran ASN baik langsung maupun virtual cukup tinggi dan mewakili panitia, Ia ucapkan terima kasih.

(Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)