Gubernur Simak Arahan Wapres RI Pada Rakornas : Bergerak Bersama Untuk Percepatan Penurunan Stunting.

Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Disertai Kadis Kesehatan Dr. I Komang Adi Sujendra dan Protokol Kabag dan Perjalanan Eddy Nicolas Lesnusa, S.Sos Gubernur Mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Bergerak Bersama Untuk Percepatan Penurunan Stunting .

Pertemuan tersebut dilaksanakan secara Virtual di Ruang Video Converence (Vidcon) Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. (Senin, 23/8/21).

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dalam arahnya sekaligus membuka secara resmi Rakornas tersebut menyampaikan bahwa pentingnya kerja sama dalam penurunan Stunting. Kerja kolaborasi adalah kunci karena Intervensi Penurunan Stunting baik itu,intervensi nilai gizi spesifik maupun intervensi nilai gizi sensitif yang merupakan bagian program aktivitas pada Kementerian dan Lembaga sesuai dengan tupoksi masing-masing. Ucapnya

Beliau juga menyampaikan terima kasih dan penghargaankepada Bupati/Walikota yang baru saja menyatakan komitmenya untuk terus melakukan percepatan penurunan Stunting di wilayahnya.

Dengan demikian, intervensi yang sifatnya multi sektor dan tingkat multi governance tidak mungkin terlaksana dengan baik tanpa kerja sama kolaborasi.

“Komitmen sodara-sodara dibutuhkan, karena komitmen yang kuat dari Kepala Daerah menjadikan penurunan Stunting sebagai prioritas, sehingga sumber daya yang diperlukan dapat dimobilisasi untuk melihat penurunan Stunting”. Terang beliau

Berdasarkan Perpres No. 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan Stunting yang mengukuhkan 5 pilar utama yang penurunan Stunting yaitu: (1) Komitmen Politik Dan Kepemimpinan Nasional Dan Daerah. (2) Kampanye Nasional dan Perubahan Perilaku. (3) Program Konvergensi Pusat, Daerah dan Masyarakat. (4) Ketahanan Pangan dan Gizi. (5) Pemantauan dan Evaluasi.

Yang menjadi tantangan adalah memastikan seluruh program yang alokasi anggaranya dari berbagai kementerian dan lembaga, pemerintah daerah maupun dari sumber-sumber lainnya dapat secara Convergence, sampai di wilayah dan diterima oleh rumah tangga.

“Bergerak Bersama untuk melihat percepatan penurunan Stunting semoga bekal yang diberikan pada pertemuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin”. Harap Ma’ruf Amin.

Turut hadir : Menko PMK, Menteri DPDTT, Menteri Bappenas, Mendagri, Menkes, Menkeu, Gubernur, Bupati/Walikota, dan Kepala BKKBN, Kepala OPD, Perguruan Tinggi, Mitra Kerja, Se-Indonesia.

Sumber : DKIPS Provinsi Sulteng.