Gubernur : Terus Dorong Kemandirian Desa untuk Sulawesi Tengah yang Berdaya Saing.

Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto, SE., MM mengikuti Webinar dalam rangka Mendorong Kemandirian Desa untuk Sulawesi Tengah yang lebih Berdaya Saing.

Webinar dilaksanakan melalui Via Zoom Meeting dan juga Live Streaming Youtube, bertempat di Triple F Coffie, Cafe & Resto Palu, Sulawesi Tengah. Jumat, (4/3/2022)

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto, SE., MM menyampaikan bahwa Webinar ini, memiliki manfaat diantaranya, usaha peningkatan sumber daya manusia, upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, upaya dalam mendorong pengetahuan teknologi baik pada tingkat pedesaan maupun perkotaan.

“Gubernur sangat mendukung terlaksananya kegiatan Webinar ini.”Ucap Rudi pada kesempatan itu

Selanjutnya, Webinar ini juga sejalan dengan Visi dan Misi Gubernur yakni, “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.”

Memberdayakan masyarakat memang tidak bisa serta merta, instan atau segera jadi, ditambah tantangan dan hambatan. namun, semuanya butuh tahapan dan proses yang saat ini diupayakan oleh Gubernur.

Selain itu juga, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga mendorong para pelaku usaha mengembangkan usahanya khususnya di Desa.

Adapun harapan beliau yakni ; tersampaikanya penguatan aspek kelembagaan masyarakat khususnya di pedesaan, penggunaan dan pemanfaatan anggaran Desa disesuaikan dengan kebutuhan Desa, dan mengoptimalkan peran Bumdes yang merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk usaha-usaha yang ada di Desa.

Adapun yang menjadi narasumber pada Webinar yaitu ; M. Ridha Saleh Tenaga Ahli Gubernur Sulawesi Tengah, Mulyadin Malik Kepala Pusat Pelatihan Pegawai ASN Kemendes PDTT, M. Irwan Lapatta Bupati Sigi, M. Fachri Labalado Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Pedesaan Kemendes PDTT, Muhammad Nadir Kepala Dinas PMD Sulawesi Tengah dan M. Nur Sangadji Akademisi Universitas Tadulako selaku moderator pada acara Webinar tersebut.

Kegiatan Webinar tersebut diikuti Para Kepala Desa, Aktivis, Akademisi Universitas Tadulako dan masyarakat.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.