Kadis Kominfo Sulteng Ikuti Focus Groub Discussion : Migrasi Penyiaran Analog Ke- Digital Tahun 2022.

Palu, Sulawesi Tengah. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) menggelar Focus Groub Discussion Migrasi Penyiaran Analog Ke- Digital (Analog Switch Off), bertempat di Kampung Nelayan Resto Palu, Rabu (16/3/2022)

FGD ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan lembaga penyiaran di Sulawesi Tengah menyongsong digitalisasi migrasi Analog Switch Off (ASO).

Kadis Kominfo Dra. Novalina, MM didampingi Kepala Balai Monitoring Spectrum Frekuensi Radio Kelas II Palu Ir. Adli Arsyad, ST., MH dan Ketua KPID Sulteng Drs. Indra Yosvidar, M.AP

Dalam sambutanya, Kadis Kominfo Dra. Novalina, MM selaku narasumber menyampaikan bahwa migrasi Analog Switch Off (ASO) merupakan cara kerja sistem melalui perpindahan sistem Analog ke- Digital dalam dunia penyiaran.

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa dengan penggunaan teknologi digital dunia penyiaran menjadi lebih baik, misalnya ; kualitas gambar menjadi lebih baik, yang tentunya memberikan pengaruh terhadap kualitas informasi yang di terima oleh masyarakat dari hasil program-program yang disiarkan.

“Dengan teknologi digital ini, dapat dilakukan efesiensi pemanfaatan frekuensi dengan kualitas yang baik demi pengembangan teknologi komunikasi yang lainya.” Ucap Kadis Kominfo

Lebih lanjut, beliau juga menuturkan bahwa di dalam Undang-Undang Cipta Kerja, terkait undang-undang penyiaran disebutkan bahwa penyelenggaraan penyiaran sudah harus mengikuti perkembangan teknologi termasuk migrasi teknologi penyiaran analog ke- penyiaran digital.

Ada 3 tahapan pemberlakuan pengalihan penyiaran televisi analog ke penyiaran digital tahun 2022 yaitu : Tahap Pertama, 30 April 2022, Tahap Kedua, 25 Agustus 2022 dan Tahap Ketiga, 2 November 2022.

“Pemerintah pusat melalui Kementrian Kominfo telah menyusun tahapan pemberlakuan dari pengalihan dari penyiaran televisi analog ke penyiaran televisi digital.” Jelas Kadis Kominfo pada pertemuan tersebut

Dengan demikian, Pemerintah bersama lembaga-lembaga mitra penjualan juga telah menyiapkan 7,6 Juta bantuan gratis Set Top Box (STB) yang merupakan perangkat yang di konekan dengan televisi sehingga bisa menangkap siaran digital yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Diakhir sambutanya, beliau menyampaikan bahwa Dinas Kominfo membantu pemerintah pusat dalam menyebarkan informasi, dan kominfo juga bekerja sama dengan KPID dan juga lembaga penyiaran lainya di lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut hadir : Kepala Komisi Informasi, Kepala TVRI Sulteng, Kadis Kominfo Kab. Sigi, Kepala RRI dan lembaga-lembaga penyiaran lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.