Pj. Sekda Sulawesi Tengah Buka Forum Perangkat Daerah Sulawesi Tengah Tahun 2022.

Palu, Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Pj Sekretaris Daerah Ir. Moh. Faisal Mang, MM didampingi Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Christina Shandra Tobondo, MT membuka secara Langsung Forum Perangkat Daerah Sulawesi Tengah Tahun 2022 di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (30/3/22).

Kegiatan yang diikuti oleh Bappeda Kabupaten/Kota se Provinsi Sulteng ini dimaksudkan guna terwujudnya singkronisasi pelaksanaan keputusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program kegiatan sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah dalam rangka pencapaian tujuan, sasaran dan target pembangunan daerah serta terbangunnya sinergitas dan keselarasan perencanaan pembangunan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Mengawali sambutannya, Pj. Sekda Sulawesi Tengah Moh. Faisal Mang menjelaskan bahwa perencanaan tahun 2023 saat ini yang akan dirumuskan bersama merupakan tahun kedua pelaksanaan periodesasi RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021-2026, tentunya kondisi ini memerlukan perencanaan maupun strategi bersama berupa langkah-langkah menyeluruh disegala aspek dan bidang pembangunan guna tercapainya Visi Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Gerak Cepat Menuju Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.

“Capaian laju pertumbuhan ekonomi sulteng tahun 2021 sebesar 11,70 persen jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya3,69 persen” tambah beliau.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pembangunan mutu modal manusian di Sulawesi tengah juga mengalami perbaikan yang direfleksikan melalui indikator IPM yakni 69,55 poin pada tahun 2020 menjadi 69,79 poin pada tahun 2021. Namun masih lebih rendah dari capaian nasional pada tahun 2021 sebesar 72,29 poin.

Selanjutnya beliau menegaskan bahwa tema pembangunan dalam rancangan RKPD Provinsi Sulawesi tengah Tahun 2023 adalah “Peningkatan Produktivitas Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas” dengan sasaran pembangunan yaitu

  1. Pertumbuhan ekonomi sebesar 10,36%
  2. Tingkat kemiskinan sebesar 10,84%
  3. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 2,84%
  4. Indeks gini sebesar 0,22 poin
  5. Indek pembangunan manusia (IPM) sebesar 71,27 poin
  6. Nilai tukar petani (NTP) gabungan sebesar 103,58%

Turut hadir : Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Alimuddin Paada, MS

Sumber: Humas DKIPS Provinsi Sulteng