Kadis Kominfo Santik Buka Sosialisasi Pengenalan Teknologi dan Layanan Terbaru Cisco.

Palu, Sulawesi Tengah – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menghadiri sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Pengenalan Teknologi dan Layanan Terbaru Cisco. Bertempat, di Hotel Best Western Coco Palu. Selasa, (7/11/2023)

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Anugrah Pratama, Cisco dan Comstore dengan mengangkat tema “Connect, Simply and Transform” bekerja sama dengan Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng dalam rangka mendukung pelayanan publik berbasis sistem elektronik.

Sosialisasi ini juga di hadiri ; Kadis Kominfo se-Sulteng, pimpinan Instansi vertikal, Admin SPBE Se- Sulteng, Direktur RSUD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulteng. 

Mengawali sambutanya, Sudaryano menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tommy Purnomo selaku Teritori Account Manager Cisko System Indonesia bersama rombongan di Provinsi Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit. 

Selanjutnya, Sudaryano juga menjelaskan bahwa sistem komunikasi, penyediaan informasi, keamanan data, dan analisis statistik yang merupakan faktor penting dalam menjaga kelancaran berbagai aktivitas pemerintahan, bisnis, rumah sakit dan masyarakat umum.

“Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk terus memajukan sektor teknologi dan Informatika di Provinsi Sulawesi Tengah.”Kata Sudaryano dalam kesempatan itu 

lanjut dikatakannya, bahwa dalam waktu dekat, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menggunakan aplikasi “Sulteng Siap” yang digunakan para ASN untuk menginput datanya. 

Lebih jauh, Sudaryano menerangkan bahwa Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng telah menyediakan jaringan pemerintah melalui infrastruktur fiber optik yang di pasang di sebagian besar titik lingkup Pemprov. Sulteng.

Ia berharap, kepada setiap perangkat daerah yang telah terhubung dapat memaksimalkan penggunaan Bandwith dengan menyediakan infrastruktur Local Area Network (LAN) baik melalui kabel maupun nirkabel, sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Nomor 34 tahun 2019 tentang pelaksanaan e-government oleh perangkat daerah. 

“Melalui sosialisasi ini, mengajarkan kita  memahami inovasi dan peran teknologi informasi dalam meningkatkan pemahaman terkait Teknologi dan informatika.”

Terkahir, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, utamanya pihak PT. Westcon International Indonesia (COMSTOR). 

Sebelumnya, Tommy Purnomo selaku Teritori Account Manager Cisko System Indonesia menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan mendukung pelayanan publik berbasis sistem elektronik serta memastikan Governance yang ada di Indonesia sudah siap menghadapi era digitalisasi serta untuk Satu Data Indonesia (SDI) lebih terarah. 

Selanjutnya, Tommy menjelaskan bahwa sosialisasi ini telah dilakukan di beberapa Kabupaten dan Kota menuju Indonesia digital.

Ia berharap, semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dalam menghadapi tantangan teknologi informasi yang semakin kompleks.

Sumber : Dinas Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng