Kadis Kominfo Santik Jadi Narasumber Pada Pelatihan DTS Thematic Academy.

Palu– Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menjadi Narasumber pada Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Thematic Academy (TA). Bertempat, di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulteng. Jumat, (22/3/2024)

Pelatihan ini diikuti guru-guru SMA dan SMK sederajat yang ada di Kota Palu sebanyak 100  peserta. 

Adapun judul materi yang dibawakan Kadis Kominfo Santik yakni pembangunan dan pengembangan aplikasi di lingkungan pemerintah daerah. 

Dalam paparannya, Sudaryano menyampaikan bahwa pengetahuan digital merujuk pada pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk beroperasi dan berpartisipasi secara efektif dalam lingkungan yang didominasi oleh teknologi digital.

Menurut Sudaryano, hal tersebut mencakup pamahaman tentang berbagai alat dan platform digital, kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak dan aplikasi, serta kesadaran tentang isu-isu keamanan dan etika yang terkait dengan teknologi digital. 

“Untuk itu, aplikasi memiliki manfaat diantaranya, meningkatkan pendidikan berkualitas, ekonomi, kualitas pelayanan publik serta kesehatan”,terang Sudaryano 

Lebih jauh, Sudaryano menerangkan, aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan aplikasi umum yang digunakan oleh instansi pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 95 Tahun  2018. 

Selanjutnya, ia juga menjelaskan, dalam pembuatan aplikasi khusus baru diluar aplikasi yang telah ada sebelumnya, perangkat daerah perlu melakukan koordinasi dan supervisi Diskominfo dengan menyiapkan yakni ; pertama, dokumen kebutuhan perangkat lunak yang menjelaskan fungsi, manfaat, proses bisnis dan arsitektur data yang akan di tampilkan didalam aplikasi yang akan dibuat. Kedua, dokumen kerangka acuan kerja perancangan aplikasi.

Kemudian, perangkat daerah yang melakukan pembangunan dan pengembangan aplikasi wajib melakukan pengujian aplikasi yang dirancang dan hasil pengujian disampaikan secara resmi ke Diskominfo untuk mendapatkan persetujuan sebelum diimplementasikan ke infrastruktur layanan SPBE.

Sumber : PPID Pelaksana Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng.

Narahubung : Ahyain (082251271042)