Workshop Literasi Digital : Sudaryano Dorong Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial.

Palu– Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Sulawesi Tengah Sudaryano R. Lamangkona menjadi Narasumber pada Workshop Literasi Digital. Bertempat, di Hotel Brizky jalan RT. Martadinata, Tondo. Kamis, (11/7/2024)

Dalam paparanya, Sudaryano menuturkan, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti, alat komunikasi dan jaringan internet.

Selain itu katanya, berdasarkan data, rata-rata durasi perbulan yang digunakan pengguna untuk medsos yaitu, Facebook 15.2 jam/bulan, Instagram 16.0 jam/bulan, WhatsApp 26.4 jam/bulan, Tiktok sebanyak 23.1 jam/ bulan dan Youtube 31.4 jam/ bulan.

“Media sosial dapat dengan mudah merubah cara kita bersikap dan berpikir”, ucap Kadis Kominfosantik

Kemudian, ia menjelaskan bahwa digitalisasi juga merujuk pada proses mengubah informasi dari bentuk analog menjadi format digital. Selain itu, digitalisasi memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan dan sumber daya melalui internet.

“Tantangan digitalisasi, berpengaruh pada privasi, keamanan data dan kesenjangan digital”, ujarnya

Sudaryano juga meyebutkan, 8 (delapan) penyalahgunaan media sosial yang sering ditemui yaitu, berjudi, mengumpat dengan kata-kata kasar, berbagi foto korban kecelakaan, pencemaran nama baik, berbagi foto orang meninggal, ingin eksis tapi merusak alam, membully, dan mengaploud video tidak senonoh.

Ia berharap, agar para mahasiswa dapat bermedia sosial dengan cerdas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang setiap saat bisa berubah kapan saja.

Turut hadir : Ketua STIMIK Bina Mulia Palu Burhanudin Andi Masse, Wakil Ketua STIMIK Bina Mulia Palu, Dosen dan para mahasiswa STIMIK Bina Mulia Palu.

Sumber : Dinas Kominfosantik Provinsi Sulteng/PPID Pelaksana.