Bidang Statistik Kominfo Sulteng Ikuti Sosialisasi Rencana Aksi Satu Data Indonesia 2022-2024 Secara Daring.

Palu, Sulawesi Tengah РDinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Statistik Hendrikus Mangiri, ST, Echmond, SH, dan Dra. Nur Eli mengikuti Sosialisasi Rencana Aksi Satu Data Indonesia 2022-2024, berlangsung secara Virtual melalui Via Zoom Meeting  diruang rapat DKIPS Prov. Sulteng. Jumat, (18/11/2022).

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembentukan dan operasional organisasi dalam rangka penyelenggaraan satu data Indonesia di instansi pusat dan pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan selaku koordinator sekretariat satu data Indonesia tingkat pusat Oktorialdi mengatakan, visi Satu Data Indonesia (SDI) secara garis besar dalam Peraturan Presiden (Perpres) 39 adalah penyediaan data berkualitas. sehingga fokus capaian lain yang perlu terus diupayakan adalah penerapan SDI sebagai solusi data pemerintah yang dimanifestasikan dalam program stimulasi dan dorongan pencegatan SDI.

Oktorialdi selaku narasumber pada kegiatan tersebut berharap agar kegiatan ini menjadi acuan untuk 2 hal yakni, pertama ; pendetailan terhadap rencana aksi untuk masing-masing program, kedua ; rencana aksi atau kegiatan ditempat bapak-ibu sekalian dan juga bisa menjadikan rujukan untuk penganggaran.

Adapun materi yang ia bawakan yaitu ; (1) penguatan ekosistem regulasi pedoman, aparatur dan kelembagaan SDI kementerian sektor dan pemerintah daerah Provinsi dan Kab/Kota. (2) Implementasi kode referensi dan data induk proses bisnis umum dalam penyelenggaraan data layanan pemerintah. 
(3) Penyusunan katalog data nasional. (4) Penyusunan tata kelola insentif dan disinsentif. (5) Penyediaan dashboard eksekutif data prioritas.

Turut hadir : Para OPD Kabupaten/Kota se- Indonesia

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.